TANGSELIFE.COM  Arkhan Kaka Putra Purwanto jadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang mencetak gol di penyisihan grup Piala Dunia U-17.

Arkhan berhasil mencetak dua gol dari dua pertandingan babak penyisihan Piala Dunia U-17 yang telah dijalani Timnas Indonesia.

Pada laga perdana Piala Dunia U-17 Indonesia vs Ekuador, Arkhan berhasil mencetak gol perdananya pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Berkat gol semata wayang yang dicetak Arkhan, Indonesia berhasil menahan imbang Timnas Ekuador pad apenyisihan grup Piala Dunia U-17 dengan skor 1-1.

Arkhan kembali berhasil mencetak gol keduanya pada pertandingan keduanya saat melawan Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (12/11/2023).

Arkhan berhasil memanfaatkan kesempatan umpan bola lambung, sundulannya berbuah gol merobek jala gawang Panama. Skor pun imbang 1-1 hingga akhir pertandingan.

Gol Arkhan Kaka tersebut menjadi penyelamat Indonesia setelah sempat tertinggal gol dari Panama. Sundulan Arkan itu didapat di babak ke-2.

Berikut ini, sosok Arkhan Kaka satu-satunya pemain yang cetak gol di pertandingan Piala Dunia U-17 dalam dua pertandingan yang telah dijalani.

Profil Arkhan Kaka

Arkhan Kaka merupakan pemain kelahiran 2 September 2007 di Blitar, Jawa Timur.

Arkhan Kaka menjadi penyerang di Timnas Indonesia U-17. Selain itu, Arkhan berstatus sebagai pemain Persis Solo.

Karirnya makin bersinar setelah bergabung dengan U-16 Bhayangkara FC. Berkat keterampilannya, Arkhan kemudian dipinang Persis Solo saat usianya masih 15 tahun.

Arkhan Kaka bahkan menajdi pemain termuda yang debut dalam Liga 1 diusianya masih 15 tahun. Saat itu, Arkhan Kaka menggantikan Irfan Bachdim saat melawan Persib Bandung.

Putra Legenda Timnas Sepakbola Indonesia

Arkhan Kaka Purwanto merupakan anak salah satu legenda sepakbola Indonesia. Ayahnya Purwanto Suwondo merupakan mantan penyerang Timnas Indonesia di era 90’an sampai 2000 awal.

ARKHAN KAKA Piala Dunia U-17
Potret keluarga Arkhan Kaka, pemain Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia U-17. (Foto: IG @arkhan8kaka)

Purwanto pun tercatat pernah members sejumlah Tim sepakbola top tanah air. Yakni Persebaya, Arema, PSIS Semarang, Persela Lamongan dan Semen Padang.

Praktis bakat sang ayah kemudian menurun ke Arkhan Kaka. Bahkan saat ini Arkhan Kaka pun menjadi andalan penyerang Timnas Indonesia U-17.

Sempat Dicoret Bima Sakti bela Piala Dunia U-17

Sebelum bersinar di Piala Dunia U-17, nama Arkhan Kaka rupanya pernah dicoret oleh sang pelatih Bima Sakti.

Nama Arkhan Kaka sempat dicoret di proyeksi Piala Dunia U-17 lantaran tak disiplin.

Bima Sakti bahkan menyebut, jika tak memiliki kedisiplinan tinggi akan sulit bersaing dengan para talenta muda sepakbola Indonesia.

Tapi nampaknya hukuman itu membuat Arkhan Kaka jera dan mulai berkomitmen untuk disiplin.

Alhasil, Arkhan Kaka menunjukkan hasil disiplinnya dalam latihan dengan menyumbangkan dua gol penyeimbang Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter