TANGSELIFE.COM-Gelaran final sepakbola SEA Games 2023 antara timnas Indonesia vs Thailand bakal digelar di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa 16 Mei 2023.

Perang urat saraf pun dilakukan salah satu pemain timnas Thailand U-22 Songchai Thongcham kepada publik pecinta timnas Indonesia. 

Dia mengirimkan psywar kepada suporter Indonesia yang bakal hadir jelang laga final SEA Games 2023 tersebut. 

Dalam sesi konferensi pers usai Thailand mengalahkan Myanmar pada laga semifinal, Thongcham meminta agar fans Indonesia tidak datang saat partai final nanti, Sabtu 13 Mei 2023. 

“Saya katakan kepada fans Indonesia lebih baik jangan datang ke laga final. Tetapi untuk fans Thailand, silakan datang,” ujarnya di ruang konferensi pers. 

Dia juga mengatakan timnas Thailand akan bermain 100 persen untuk pecinta sepakbola berjuluk Gajah Perang tersebut. 

Pemain yang kini merumput di klub Chonburi itu juga berharap bisa tampil maksimal pada laga perebutan medali emas SEA Games ke-32 tersebut.

Bagaimana komentar pemain Indonesia menghadapi perang urat saraf yang dilakukan pemain Thailand tersebut? 

Penjaga gawang Timnas U-22 Indonesia, Ernando Ari menegaskan bahwa timnya siap tampil mati-matian di laga final SEA Games 2023 Selasa 16 Mei 2023 besok.

“Kami pastinya akan tampil habis-habisan. Kami akan memberikan yang terbaik untuk Merah Putih,” terangnya. 

Ari juga mengatakan kalau dirinya dan kawan-kawan ingin mempersembahkan medali emas untuk kontingen Indonesia. 

”Jelang final kita lebih memikirkan tim, kami enggak usah memikirkan Thailand atau apa, yang penting fokus dengan apa yang akan kami lakukan,” cetus Ernando Ari juga. 

Apalagi, sudah 32 tahun lamanya timnas Indonesia tidak pernah membawa medali emas pada ajang sepakbola SEA Games tersebut. 

Sedangkan pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri mengatakan kalau medali emas SEA Games 2023 bisa menjadi obat luka bagi pecinta sepak bola Tanah Air.

Obat luka yang dimaksudkan Indra Sjafri untuk menghibur publik pecinta bola setelah Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

Untuk diketahui, FIFA secara resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. 

Argentina menggantikan Indonesia yang statusnya sebagai tuan rumah dicabut beberapa waktu lalu karena terkait kontroversi ikut bermainnya timnas Israel. 

“Saya berharap SEA Games ini jadi momen kebangkitan sepakbola Indonesia kalau memang kami ditakdirkan jadi yang terbaik meraih medali emas,” terangnya.

Dia juga mengatakan, perolehan emas pada final melawan Thailand nanti semoga bisa menjadi 

penyemangat untuk PSSI dan sepak bola Indonesia,” cetus Indra Sjafri lagi. 

Untuk diketahui, timnas U-22 Indonesia menang dramatis saat semifinal SEA Games 2023 melawan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion Olimpiade, Kamboja, Sabtu 13 Mei 2023.

Timnas Thailand juga merebut tiket final usai menang 3-0 atas Myanmar. Dengan begini, laga final SEA Games 2023 itu mempertemukan dua tim yang sama-sama berstatus juara grup.

Pelatih Thailand Sebut Timnya Kelelahan

Sementara itu, pelatih Timnas U-22 Thailand Issara Sritaro menyatakan tim asuhannya kekelahan jelang laga melawan Timnas U-22 Indonesia.

Dia juga mengatakan ada kemungkinan cedera melanda sejumlah pemain di skuad timnas Thailand tersebut.

Tapi, Issara Sritaro tetap menegaskan ingin meraih medali emas di final SEA Games 2023 tersebut. 

“Sekarang kami berada di langkah terakhir, yaitu memenangkan final. Saya akui Timnas Thailand U-22 benar-benar lelah,” ujarnya dilansir dari media Thailand, Thai Raith.

Lebih lanjut Issara Sritaro juga mengakui kualitas Timnas Indonesia U-22 Indonesia. Dia menyebut kalau skuad Garuda Muda sebagai tim yang bagus.

“Tim yang bisa masuk final pasti sudah bagus,” paparnya. Namun, pelatih berusia 52 tahun itu mengingatkan segala sesuatu bisa terjadi ketika di lapangan.

“Kami hanya punya waktu istirahat singkat, hanya ada satu dua hari. Semoga untuk final nanti kami bisa menjalani pemulihan dengan baik,” cetusnya juga. 

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand

Tempat : National Olympic Stadium

Waktu : Selasa 16 Mei 2023

Jam : 19.30 WIB 

Siaran : Live RCTI.

Live Streaming : RCTI Plus