TANGSELIFE.COM – Hasil laga final Piala Asia 2023, Qatar berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Yordania dengan skor 3-1.

Laga final Piala Asia 2023 antara Qatar vs Yordania itu digelar di Stadion Lusail, Sabtu, 10 Februari 2024 malam.

Dalam laga final Piala Asia 2023 itu, Akram Afif nampak bersinar untuk Qatar. Dia menggedor pertahanan Yordania sejak awal pertandingan.

Peluang Afif diraih di menit ke-7, tetapi chipnya berhasil digagalkan oleh kiper Yordania, Yazeed Abulaila di hadapan mistar gawang.

Squad Maroon di laga final Piala Asia 2023 terus ngotot. Afif kembali berusaha menciptakan gol di menit ke-8 setelah mengecoh pertahanan Yordania. Lagi-lagi tendangan sudut kiri gawang Afif berhasil diamankan kiper Yazeed.

Setelah diteror di awal pertandingan, Yordania membalas ancaman. Yazan Al-Naimat melepas tembakan keras di menit ke-16, tetapi berhasil diamankan mudah oleh kiper Qatar, Meshaal Barsham.

Afif kembali merangsek perthanana Yordania ke kotak penalti dan terpaksa harus dihentikan dengan keras oleh Abdallah Nasib yang berbuah penalti untuk Qatar. Afif sang bintang Qatar berhasil menaklukan Abulaila dan cetak gol 1-0.

Yordania tak pantang menyerah untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, upaya Yordania di babak pertama belum membuahkan gol penyeimbang.

Babak kedua final Piala Asia 2023, Yordania menekan sejak awal. Berbagai peluang tercipta, tetapi upayanya belum membuahkan hasil.

Setelah serangan bertubi-tubi, Yordania memecah kebuntuan. Gol tercipta dari tembakan voli Yazan Al-Naimat ke sudut kiri gawang Qatar yang dijaga Barhsam. Skor imbang 1-1.

Usai kebobolan, giliran Qatar yang menekan. Afif kembali menjadi algojo mematikan di kotak penalti Yordania. Afif mencetak gol penalti usai pelanggaran keras Mahmoud Al-Mardi terhadap Ismaeel Mohammad. Skor menjadi 2-1.

Afif yang sedang di atas angin tak puas dengan dua gol. Dia berusaha mencetak hattrick di menit 83 melalui tendangan bebas, tetapi berhasil digagalkan Abulaila.

Aksi Afif di depan gawang memaksa Abulaila hingga membuatnya lakukan pelanggaran. Lagi, Afif menjadi eksekutor dan berhasil mengecoh Abulaila. Gol ketiga di menit 90+5 itu menjadi gol hattrick Afif dalam final Piala Asia 2023.

Hingga babak berakhir, Qatar menang atas Yordania dengan skor 3-1. Kemenangan ini membuat Qatar berhasil menjadi juara bertahan sejak gelaran serupa pada 2019 lalu.

Intan
Editor
Intan
Reporter