TANGSELIFE.COM– Uruguay akhirnya jadi juara Piala Dunia U-20 2023. Itu terjadi setelah Timnas U-20 Uruguay mengalahkan Italia dengan skor 1-0 dalam laga final.

Pertandingan final Piala Dunia U-20 itu digelar di Estadio Unico Diego Armando Maradona, Senin, 12 Juni 2023 dinihari WIB.

Dalam pertandingan itu, Timnas U-20 Uruguay lebih mendominasi permainan sejak awal babak pertama dimulai.

Anderson Duarte dan kawan-kawan terus menekan pertahanan Italia. Akibatnya, Timnas U-20 Italia lebih banyak menghabiskan waktu untuk bertahan daripada menyusun serangan.

Akibat serangan para pemain Uruguay itu, kiper Italia Sebastiano Desplanches dipaksa bekerja keras sepanjang babak pertama yang berakhir dengan hasil imbang tanpa gol tersebut.

Saat memasuki babak kedua, para punggawa Uruguay masih menjadi tim yang lebih banyak mendominasi serangan ke gawang lawan.

Akibatnya, pelatih Italia Carmine Nunziata melakukan sejumlah pergantian pemain demi mengubah alur permainan dalam laga penentuan tersebut.

Akhirnya, empat pemain baru seperti Mattia Zanotti, Daniele Montevago, dan Francesco Pio Esposito diturunkan ke lapangan untuk mengubah jalannya laga.

Setelah itu, pertarungan antara Uruguay vs Italia ini sendiri berlangsung keras dan sengit demi meraih tropi Piala Dunia U-20.

Akibatnya, benturan fisik sering terjadi di antara para pemain kedua tim tersebut. Desplanches salah satu pemain yang sering beradu fisik karena mencoba mengamankan gawang.

Meskipun Timnas U-20 Uruguay terus menyusun serangan dan menekan, tapi lini pertahanan Italia yang dikomandoi Daniele Ghilardi tampil cukup solid.

Akibatnya pada menit ke-80, Timnas U-20 Italia nyaris harus bermain dengan 10 pemain. Itu terjadi setelah  wasit Glenn Nyberg mengganjar kartu merah kepada Matteo Prati.

Itu terjadi setelah Glenn Nyberg menekel lutut Andreas Ferrari. Saat itu, Glen Nyberg menempelkan kakinya ke lutut Andreas Ferrari.

Tapi setelah wasit melihat tayangan VAR, wasit akhirnya menganulir keputusan tersebut dan hanya memberikan kartu kuning.

Setelah serangan bertubi-tubi, akhirnya para pemain Uruguay berhasil membobol gawang Italia pada menit ke-86.

Gol itu tercipta lewat sundulan Luciano Rodriguez saat terjadi kemelut bola di gawang Italia. Rodriguez berada di posisi yang pas untuk menyundul bola hingga masuk ke gawang.

Wasit sempat berdiskusi dengan wasit VAR usai gol terjadi. Akhirnya, wasit mengesahkan gol yang diraih timnas Uruguay tersebut.

Usai kebobolan satu gol, para pemain Italia berupaya melakukan serangan untuk menciptakan gol untuk menyamai kedudukan.

Serangan juga dilakukan Timnas U-20 Italia saat wasit memberikan waktu tambahan 11 menit dalam pertandingan tersebut.

Tetapi para pemain Italia tetap kesulitan melakukan serangan ke pertahanan Uruguay. Hingga pluit panjang ditiup wasit tanda laga berakhir skor 1-0 untuk Uruguay.

Pemain Italia Cesare Casadei Borong 2 Penghargaan di Piala Dunia U-20

Meski Timnas U-20 Ital gagal meraih trofi juara tapi striker Italia, Cesare Casadei berhasil meraih dua penghargaan pada turnamen tersebut.

Berikut sejumlah penghargaan yang diberikan kepada para pemain yang berlaga dalam Piala Dunia U-20 tersebut.

Peraih Pemain Terbaik

  1. Cesare Casadei (Italia) : Golden Ball
  2. Alan Matturro (Uruguay) : Silver Ball
  3. Lee Seungwon (Korea Selatan) : Bronze Ball

Peraih Top Skorer

  1. Cesare Casadei (Italia) : Golden Boot
  2. Marcos Leonardo (Brasil) : Silver Boot
  3. Oscar Cortes (Kolombia) : Bronze Boot

Peraih Kiper Terbaik

  1. Sebastiano Desplanches (Italia) : Golden Glove