TANGSELIFE.COM-Kerja keras para pemain Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas dalam SEA Games 2023 bakal berbuah bonus.  

Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Timnas U-22 Indonesia akan mendapatkan hadiah usai mengalahkan Thailand dengan skor telak 5-2. 

Pemberian hadiah itu diungkap Jokowi usai menyaksikan pertandingan timnas U-22 Indonesia mengalahkan Thailand pada laga final SEA Games 2023. 

Presiden melakukan nonton bareng (nobar) di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) saat laga final cabor sepakbola itu berlangsung.

“Untuk hadiah nanti dipikirkan, tapi kita beri nanti. Karena medali emas ini betul-betul ditunggu seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun,” ujar Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden.

Meski begitu, Jokowi tidak memberi detail mengenai hadiah yang akan diberikan untuk skuad Timnas U-22 Indonesia tersebut. 

Namun Jokowi mengaku bangga dengan sukses tim Garuda Muda yang bisa mengakhiri penantian 32 tahun untuk meraih medali emas cabang sepak bola SEA Games.

“Saya sangat happy banget. Karena Indonesia vs Thailand 5-2. Yang saya sampaikan kemarin, mental pemenang, mental juara, itu memang kelihatan sekali,” paparnya juga. 

Untuk diketahui, Timnas U-22 Indonesia berhasil mengkandaskan Thailand dengan skor telak 5-2 pada final SEA Games 2023 lewat babak tambahan.

Tapi dalam pertandingan itu terjadi peristiwa membingungkan tatkala injury time atau tambahan waktu 7 menit pada babak kedua berlangsung. 

Ketika itu seluruh official dan pemain Timnas Indonesia mengira laga sudah selesai mendengar pluit yang ditiupkan oleh wasit. 

Bahkan pelatih Indonesia, Indra Sjafri sudah memasuki lapangan bersama beberapa official Indonesia karena menang 2-1 atas Thailand.

Tapi ternyata wasit Qasim Matar Al Hatmi asal Oman memberi pluit tanda pelanggaran terjadi dan memberikan tendangan bebas untuk Thailand.

Alhasil, para pemain Gajah Perang-sebutan Timnas Thailand, langsung menyerang dan menciptakan gol ke gawang Indonesia yang saat itu masih kebingungan. 

Usai skor imbang 2-2, maka pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu 2×15 menit. Tapi dalam babak tambahan itu, tiga gol dilesakkan para pemain timnas Indonesia. 

“Gol ketiga Irfan Jauhari juga menimbulkan semangat lagi. Kemudian gol yang keempat tadi, Fajar Fathur Rahman, yang terakhir ditutup sama Beckham Putra, rampung,” ujar Jokowi.

“Karena memang sebelumnya saya juga keliru, sudah (diucapkan) diselamatin dan nyelamatin, ternyata masih main dan (Thailand bikin) gol, kaget juga kita,” papar Jokowi lagi. 

“Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya. Ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, masuk ke training camp saya kira ini bagus sekali,” tuturnya.

Seperti diketahui, Timnas U-22 Indonesia menang 5-2 atas Thailand di final sepak bola SEA Games 2023.

Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta yang menciptakan dua gol.

Rincian Bonus Atlet Indonesia di SEA Games 2021

Sebelumnya pada SEA Games 2021 lalu di Vietnam, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggelontorkan bonus Rp130,5 miliar. 

Bonus tertinggi diberikan kepada setiap peraih medali emas Rp500 juta untuk sektor  tunggal putra, sedangkan peraih emas sektor ganda mendapatkan Rp400 juta/orang.

Sedangkan peraih medali perak pada kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapatkan antara Rp300 juta, Rp240 juta dan Rp120 juta.

Untuk peraih medali perunggu untuk kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapatkan Rp150 juta Rp120 juta, dan Rp105 juta.

Adapun bonus untuk para pelatih dan asisten pelatih yang digelontorkan pemerintah senilai Rp32 miliar.

Untuk SEA Games 2023 akankah bonus untuk atlet yang mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang tingkat Asia Tenggara itu akan lebih besar atau berkurang? kita tunggu saja.