TANGSELIFE.COM– Pebulutangkis muda China, Zhang Zhi Jie dikabarkan meninggal dunia ketika sedang mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior (BACJ) 2024.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, bintang bulutangkis China tersebut sedang berlaga melawan Jepang di GOR Among Raga, Yogyakarta, Indonesia.

Zhang Zhi Jie terbaring di lapangan dalam keadaan kejang ketika tim medis bergegas memberikan pertolongan pertama sampai akhirnya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Adapun, kabar duka ini disampaikan oleh Badminton Asia, Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI), dan penyelenggara, diberitahu bahwa Zhi Jie meninggal pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin, 30 Juni 2024.

Selain menyampaikan kabar duka ini, Badminton Asia, PBSI, dan panitia penyelenggara juga turut mengucapkan belasungkawa sedamlam-dalamnya kepada keluarga Zhang Zhi Jie dan Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA).

Kronologi Meninggalnya Pebulutangkis Zhang Zhi Jie di GOR Among Raga, Yogyakarta

Zhang Zhi Jie
Detik-detik Zhi Jie terbaring di lapangan sebelum akhirnya pingsan

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, sebelum meninggal terlihat bahwa Zhang Zhi Jie saat itu sedang melakoni gim pertama babak penyisihan melawan wakil Jepang, Kazuma Kawano.

Saat itu Zhi Jie terlihat sedang bersiap menerima servis dari Kawawmo ketika skor imbang 11-11, namun tiba-tiba saja pemain berusia 17 tahun itu terjatuh dan mengalami kerjang-kejang sebelum akhirnya pingsan.

Melihat hal itu, dokter turnamen dan tim medis pun langsung bergegas masuk ke lapangan dan memberikan pertolongan pertama.

Zhang Zhi Jie kemudian dilarikan ke rumah sakit, walaupun sempat dirawat tapi nyawanya tidak tertolong dan meinggal pada pukul 23.20 WIB hari Minggu,30 Juni 2024.

Meninggalnya Zhi Jie ini menjadi perbincangan publik hingga menjadi viral di X, para warganet di platform tersebut banyak yang menyoroti penanganan tim medis yang dianggap lamban.

Beberapa warganet menilai dokter turnamen dan tim media bergerak sangat lamban ketika memberikan pertolongan pertama kepada Zhang Zhi Jie, mereka mempertanyakan mengapa tim medis harus menunggu instruksi wasit.

Profil Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis China yang Meninggal Saat Bertanding di BAJC 2024

Zhang Zhi Jie merupakan salah satu pemain berbakat bulutangkis China yang lahir di daerah Jiaxing pada tahun 2007.

Meski berusia sangat muda, Zhang merupakan pebulutangkis China yang bermain di sektor tunggal putra ini sudah menduduki rangking kedelapan dunia junior.

Bahkan, Zhi Jie sudah bertanding dua kali dalam turnamen Grand Prix pada tahun 2024, yang merupakan level tertinggi dalam kategori junior.

Dalam turname itu, Zhang berhasil menyabet dua penghargaan yakni juara di Dutch Junior International 2024 dan runner-up di German Open 2024 pada Maret lalu.

Karirnya dimulai ketika Zhi Jie bersekolah dasar di Fucheng, ia dilatih oleh seorang guru bernama Li Wei.

Kepiawaiannya bermain bulutangkis ini berhasi membawa Zhang Zhi Jie ke sekolah olahraga pemuda Jiaxing dan dibawa ke tim provinsi Zhejiang.

Zhie Jie sempat beberapa kali menjuarai banyak turnamen hingga akhirnya ia bisa menjadi pemain tunggal putra berprestasi China di usia yang masih sangat muda.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter