TANGSELIFE.COMPertandingan Indonesia vs Argentina digelar malam ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin, 19 Juni 2023.

Kick off pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia dan Timnas Argentina itu dimulai pukul 19.30 WIB.

Pertandingan persahabatan itu dipimpin wasit asal Malaysia Muhammad Usaid Bin Jamal. Dia pernah memimpin laga Timnas Indonesia menghadapi Palestina pada 14 Juni 2023 lalu.

Indonesia vs Argentina

Puluhan ribu penonton berkaos merah membanjiri laga antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina di SUGBK tersebut.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua PSSI Erick Thohir menyaksikan langsung pertandingan tersebut.

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Argentina

Babak Pertama

Saat pluit ditiup wasit, para pemain Argentina langsung menyerang dan mengurung pertahanan Timnas Indonesia. Serangan demi serangan dilakukan para pemain Timnas Argentina.

Selama 20 menit babak pertama, pertandingan Indonesia vs Argentina itu bola nyaris dikuasai para pemain Timnas Argentina.

Para pemain Timnas Argentina menguasai bola sejak menit awal, membuat Timnas Indonesia memilih bertahan dengan kompak.

Serangan pertama Argentina datang lewat Julian Arvarez. Dari sisi kiri Alvarez memberikan umpan silang mendatar ke kanan, namun bola segera dibuang Shayne Pattynama.

Pada menit ketujuh, giliran Marc Klok yang mengamankan pertahanan Indonesia dari ancaman Argentina dengan membuang tendangan Nicolas Gonzalez.

Beberapa kali peluang mencetak gol dengan tembakan langsung maupun tembakan sudut berhasil  digagalkan oleh para pemain maupun kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari.

Setelah beberapa kali mencoba terus menyerang, akhirnya gol berhasil dilakukan pemain Timnas Argentina melalui tendangan jarak jauh pemain gelandang Leandro Paredes.

Tendangan spektakuler Paredes pada menit ke-38 dari luar kotak finalti itu berhasil membobol gawang Timnas Indonesia.

Tendangan bola jarak jauh  itu gagal diantisipasi oleh Enando Ari. Kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk kemenangan Timnas Argentina.

Usai kebobolan satu gol, para pemain Timnas Indonesia mulai berani keluar dari kepungan para pemain Timnas Argentina.

Para pemain Indonesia mulai membangun serangan. Beberapa kali serangan berhasil masuk ke area kotak finalti Timnas Argentina. Tapi belum berhasil menciptakan gol. 

Peluang Timnas Indonesia terjadi pada menit ke-48, umpan Dimas Drajat dari sisi kanan mengarah ke Ivan Jenner yang berada di kotak finalti.

Tapi tendangan Ivan Jenner terlalu lemah dan bola bisa dihalau kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez.

Karena solidnya pertahanan Timnas Indonesia, membuat para pemain La Albiceleste tidak mampu menambah pundi-pundi gol pada babak pertama ini.

Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan sementara Timnas Argentina.

Babak Kedua

Pertandingan babak kedua dimulai. Timnas Indonesia langsung menyerang untuk meraih gol guna menyamakan kedudukan.

Pada babak kedua ini, para pemain Indonesia mulai berani melakukan tekanan dengan menyerang ke area pertahanan Timnas Argentina.

Babak kedua baru berjalan 7 menit ketika lemparan jauh Arhan diarahkan kepada Elkan Baggott pada menit ke-52 yang berpeluang gol untuk menyamakan kedudukan. 

Tapi bola berhasil dihalau oleh kiper Emiliano Martinez. Para pemain Argentina juga kembali menyerang ke gawang Indonesia.

Saat Timnas Argentina mendapatkan sepakan pojok yang dilakukan Lo Celso berhasil dimanfaatkan oleh Cristian Romero melalui tandukan ke gawang Indonesia.

Gol kedua pun diraih Timnas Argentina pada menit ke-55. Skor berubah menjadi 2-0 untuk kemenangan Timnas Argentina.

Para pemain Indonesia terus berupaya membangun serangan. Para pemain Argentina cukup kerepotan dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Dua kali lemparan ke dalam pemain Tokyo Verdy itu membuat para pemain belakang Argentina dan kiper Emiliano Martinez kerepotan menyelamatkan gawang.

Pemain Indonesia, Dendy Sulistyawan sempat membawa bola hingga mengancam gawang yang dijaga Martinez pada menit ke-80.

Tapi tembakan pemain pengganti pada babak kedua ini masih terlalu lemah hingga dan bisa dihalau kiper Martinez dan belum menghasilkan gol.

Pelanggaran dilakukan Alejandro Garnacho yang melanggar keras Asnawi Mangkualam tapi tidak diberikan kartu kuning oleh wasit Muhammad Usaid Bin Jamal asal Malaysia.

Akhirnya laga berakhir, pertandingan persahabatan Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina menghasilka skor 2-0 untuk kemenangan Argentina.

Laga Indonesia vs Argentina Ini Daftar Pemainnya

Pemain Timnas Indonesia

Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam. Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho; Ivar Jenner, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Shayne Pattynama; Dimas Drajad, Rafael Struick, Yakob Sayuri, Pratama Arhan, Dendy Sulistyawan.

Pemain Timnas Argentina

Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, German Pezzella, Facundo Medina; Exequiel Palacios, Facundo Buonanotte, Giovani Lo Celso, Leandro Paredes; Julian Alvarez, Bicolas Gonzalez, Garnacho, Marcos Acuna, Thiago Almada, Giovanni Simeone, Guido Rodriguez