TANGSELIFE.COM – Bursa transfer Liga 1 Indonesia musim 2024/2025 akan ramai, karena ada kebijakan baru dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan, pihaknya menyiapkan antisipatif untuk menyambut penambahan kuota pemain asing di kompetisi musim depan.

Pada Liga 1 musim 2024/2025, Kuota pemain asing akan ditingkatkan dari 5+1 pemain Asia Tenggara menjadi 7+1 pemain Asia.

Kebijakan ini tentu menimbulkan pro dan kontra di kalangan klub, pemain, dan penggemar sepak bola Tanah Air.

Kebijakan ini menimbulkan kontroversi dimana, penambahan kuota pemain asing dinilai dapat mempersempit kesempatan bagi pemain lokal untuk bersinar di Liga 1.

Banyak yang khawatir kebijakan tersebut akan membatasi ruang gerak dan perkembangan bakat-bakat muda lokal yang sangat potensial.

Selain itu, kekhawatiran lain adalah peningkatan beban finansial bagi tim peserta, yang harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk membayar gaji dan transfer pemain asing.

Namun ada pula yang mendukung kebijakan tersebut. Penambahan kuota pemain asing dianggap sebagai peluang bagi pemain lokal untuk belajar dan meningkatkan kualitas permainan mereka.

Dengan bermain bersama pemain asing yang lebih berpengalaman, diharapkan pemain lokal bisa mengasah kemampuan dan memperoleh wawasan baru tentang strategi dan teknik bermain di level yang lebih tinggi.

Selain itu, kebijakan ini juga diharapkan dapat mendorong pemain lokal untuk mengejar karir di luar negeri, memperluas pengalaman internasional mereka.

Langkah antisipasi pun disiapkan PT LIB , yang berencana menerapkan salary cap atau pembatasan gaji.

Nantinya setiap tim akan dikenai deposit yang akan dijamin oleh pemilik klub sendiri.

“Iya, nanti kita memang akan membuat seperti (salary) cap,” papar Ferry.

“Kemudian juga seperti yang dilakukan oleh klub-klub di luar. Ada yang namanya deposit dari klub-klub yang menjadi seperti guarantee letter (surat jaminan) dari pemilik klub sendiri,” tambahnya.

Penerapan tersebut, diharapkan akan membantu klub dalam mengelola keuangan dengan baik.
PT LIB akan bekerja keras dalam membantu pengelolaan finansial tim peserta Liga 1 2024/2025.