TANGSELIFE.COM– Pekan Olahraga Kota (Porkot) Tangerang Selatan (Tangsel) 2024 telah sukses terselenggara sejak tanggal 13 hingga 19 Oktober 2024.

Multievent olahraga terbesar tingkat kota itupun mempertandingkan 25 cabang olahraga (cabor) yang tersebar di 16 venue.

Pada Porkot Tangsel 2024 Kecamatan Serpong Utara berhasil keluar sebagai juara umum dengan mengantongi 51 medali emas, 27 perak dan 33 perunggu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangsel, Hamka Handaru mengatakan, penyelenggaraan Porkot Tangsel 2024 adalah ajang untuk mencari bibit-bibit atlet berbakat.

Nantinya mereka akan dibina untuk menjadi atlet profesional yang mampu bertanding diajang yang lebih tinggi lagi, salah satunya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2026.

“Karena dalam kegiatan ini kita tentunya akan ada proses pembibitan, kita bisa melihat talent scouting atlet-atlet yang berpotensi bisa mewakili Kota Tangerang Selatan nantinya di ajang Porprov 2026,” kata Hamka Handaru di acara Closing Ceremony Porkot Tangsel 2024, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Nantinya para bibit atlet muda berbakat yang terpantau oleh tim scouting akan mengikuti tahapan selanjutnya seperti seleksi, pembinaan maupun pemusatan latihan atau TC.

Hamka mengungkapkan, suksesnya penyelenggaraan Porkot Tangsel 2024 semakin membuat pihaknya optimis menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2026 mendatang yang akan digelar di Kota Tangsel.

“InsyaAllah hasil dari kegiatan ini berdampak positif kepada rencana kita menyongsong menjadi tuan rumah Porprov 2026,” tuturnya.

Hamka pun turut berterima kasih kepada seluruh pihak yang ikut terlibat dalam menyukseskan penyelenggaraan Porkot Tangsel 2024.

Karena menurutnya kesuksesan penyelenggaraan multievent dan upaya peningkatan prestasi olahraga harus dilakukan dengan kolaborasi semua pihak.

“Ini adalah satu langkah baik dari Kota Tangerang Selatan, kita di support full oleh Pemerintah Kota, tentunya akan berdampak secara positif pada perkembangan prestasi atlet di Kota Tangerang Selatan,” pungkasnya.

Untuk diketahui Kecamatan Serpong Utara merupakan tuan rumah dari penyelenggaraan Porkot Tangsel 2024 ini.

Terdapat 25 cabor yang diperlombakan di Porkot Tangsel 2024 diantaranya atletik, bola basket, bola voli, bulutangkis, catur, cricket, dayung, futsal, karate, kempo, panahan, panjat tebing, pencak silat dan petanque.

Selain itu ada juga cabor renang, sepakbola, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, woodball, squash, tinju, menembak, esport dan sepatu roda.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter