TANGSELIFE.COM – Gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Popda XI Banten yang digelar di Kota Tangerang telah selesai terselenggara.

Berdasarkan catatan perolehan akhir medali, atlet pelajar kontingen asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil menyabet 206 medali.

Pada Popda XI Banten tahun ini, 206 medali tersebut terdiri dari 63 medali emas, 64 medali perak dan 79 medali perunggu. Raihan itu membuat Kota Tangsel menempati urutan kedua.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangsel, Hamka Handaru mengatakan, meski kontingen asal Kota Tangsel tidak berhasil menjadi juara umum, namun ia tetap mengapresiasi capaian yang ditorehkan oleh seluruh atlet.

“Pastinya mempertahankan sesuatu itu pasti lebih sulit dari pada merebut. kemudian tentunya juga tuan rumah memiliki strategi,” kata Hamka kepada Tangselife.com, Jumat, 14 Juni 2024.

Hamka mengungkapkan, Kota Tangsel sendiri menjadikan perlombaan olahraga antar pelajar se Banten tersebut sebagai ajang pencarian bibit atlet.

Berdasarkan catatannya, terdapat beberapa pelajar yang terbukti memiliki potensi bagus dan belum mendapatkan pembinaan dari KONI Tangsel.

“Ada banyak (bibit atlet), jadi ada banyak yang baru pertama kali ikut ajang artinya dia di luar pembinaan kita selama ini,” terangnya.

“Potensi atlet Tangsel masih luar biasa, tetapi memang ini menjadi ajang evaluasi untuk kita kedepan. Pembinaan harus lebih bagus lagi, peralatan-peralatan juga harus segera disiapkan,” tambahnya.

Hamka mengungkapkan, para atlet yang bertarung dalam Popda Banten selanjutnya akan mendapatkan pembinaan lebih serius dari KONI.

Hal itu sebagai ajang persiapan dalam ajang perlombaan yang lebih besar yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten yang akan digelar di Kota Tangsel pada 2026 mendatang.

“Kita memang menaruh perhatian dan konsen khusus untuk Popda ini, ini adalah indikator kita untuk menuju ajang yang lebih besar,” pungkasnya.

Untuk diketahui Kota Tangsel mengirimkan 371 atlet pelajar untuk bertarung di 24 cabang perlombaan dalam ajang Popda XI Banten yang digelar di Kota Tangerang.

Kota Tangsel sendiri tercatat telah keluar sebagai juara umum dalam ajang tersebut selama lima kali berturut-turut.

Untuk tahun ini Kota Tangsel juga menargetkan juara umum, namun dalam perolehan akhir medali, Tangsel harus puas berada di posisi kedua kalah dari tuan rumah Kota Tangerang yang berhasil meraih 235 medali.

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Andre Pradana
Editor
Andre Pradana
Reporter