TANGSELIFE.COM – Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyiapkan 20 ribu tiket Kereta Cepat Whoosh pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024).

Sebanyak 20 ribu tiket Kereta Cepat Whoosh akan tersedia setiap hari bagi masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun.

Tiket Kereta Cepat Whoosh sudah dipesan mulai H-7 keberangkatan melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, loket, dan Ticket Vending Machine.

Selain itu, tiket bisa dipesan melalui semua channel penjualan tiket resmi mitra KCIC, yaitu aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

“Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berlibur, KCIC telah menyiapkan lebih dari 20.000 tempat duduk Kereta Cepat Whoosh setiap harinya selama masa liburan Nataru,” ujar Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti, Senin 18 Desember 2023.

Jadwal Operasional Kereta Cepat Whoosh Selama Nataru 2023/2024

Jadwal operasional Kereta Cepat Whoosh selama libur Nataru 2023/2024 dimulai pukul 06.15 WIB hingga 20.30 WIB setiap hari.

Emir mengatakan nantinya KCIC akan mengevaluasi pola operasi secara rutin.

Bilamana terjadi peningkatan jumlah penumpang, maka akan dilakukan penambahan perjalanan.

“Pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari Kereta Cepat Whoosh memiliki headway di 25-35 menit dan di luar jam sibuk memiliki headway di 50-60 menit,” jelas Emir.

KCIC pun menerapkan skema dynamic pricing untuk menentukan tarif Kereta Cepat Whoosh yang ditawarkan agar bisa memberikan pelayanan optimal.

“KCIC mempertimbangkan berbagai aspek, seperti jam keberangkatan, jumlah permintaan, atau periode keberangkatan,” terangnya.

Untuk memastikan kenyamanan para penumpang, KCIC juga telah melakukan berbagai persiapan menyambut periode libur Nataru 2023/2024.

Salah satunya yakni pengecekan berkala terhadap sarana dan prasarana perkeretaapian seperti EMU, listrik aliran atas, rel, dan fasilitas lainnya.

“Penyiapan fasilitas di masing-masing stasiun dan kesiapan SDM operasional juga telah menjadi fokus utama perusahaan,” kata Emir.

Pelayanan untuk pelanggan pun senantiasa dikembangkan, seperti penambahan lokasi kuliner, penyediaan ornamen khusus di stasiun, penambahan destinasi wisata yang bekerja sama, dan lainnya.

“Di Stasiun Halim sendiri saat ini sudah menyediakan lebih dari 70 tenant di mana 66 tenant diantaranya merupakan UMKM,” tutur Emir.

Berbagai persiapan yang dilakukan KCIC bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan penumpang saat menggunakan Whoosh, mulai sejak berada di stasiun sampai selama perjalanan.

Lebih lanjut, Emir pun berharap masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi ke kereta cepat untuk berlibur di periode Nataru 2023/2024 ini.

“Kami berharap masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi untuk menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada liburan akhir tahun kali ini,” ujar Emir.

“Kehadiran Kereta Cepat Whoosh di tahun 2023 ini akan memberikan pengalaman baru yang berkesan bagi masyarakat yang ingin berlibur di wilayah Bandung atau Jakarta dan sekitarnya melalui perjalanan yang singkat dan ketepatan waktu yang dapat diandalkan,” pesannya.