TANGSELIFE.COM – Jutaan masyarakat diperkirakan bakal mengikuti Aksi Bela Palestina di Monas, pada Minggu 5 November 2023 besok.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Monas untuk menghindari kemacetan akibat ‘Aksi Damai Bela Palestina’ itu.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, pihaknya mengerahkan sekira 500 personal untuk mengamankan arus lalu lintas di sekitar lokasi aksi.

Menurutnya, pola rekayasa lalu lintas tak jauh berbeda dengan pengamanan car free day di sekitar monas. Tetapi akan ada penyesuaian arus lalu lintas jika masa aksi bergerak ke Merdeka Selatan.

“Nah nanti kalau mereka menuju ke Merdeka Selatan, kendaraan yang mengarah ke Merdeka Selatan akan kita alihkan,” kata Latif kepada wartawan, Sabtu (4/11/2023).

Meski begitu, Latif menyebut, pihaknya tetap menerapkan rekasaya lalu lintas di sekitar Monas agar tak terjadi penumpukan berujung kemacetan.

Berikut rekayasa lalu lintas pada Aksi Bela Palestina, Minggu 5 November 2023:

  1. Harmoni arah Majapahit dialihkan ke Juanda dan Suryopranoto
  2. Budi Kemuliaan arah Gambir dialihkan ke Merdeka Barat, Majapahit, dan Harmoni
  3. Merdeka Selatan, kedua arah timur dan barat dialihkan
  4. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Merdeka Selatan diluruskan ke arah Merdeka Timur

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur menyebut, aksi Bela Palestina itu diperkirakan akan diikuti sekira 2 juta orang. Dia mengeklaim, sudah mendapat izin dari kepolisian.

“InsyaAllah tidak kurang dari 2 juta peserta yang akan hadir dan 1 juta buruh juga bisa datang. Bisa menujukkan Indonesia tidak main-main dalam konstitusi, menolak penjajahan,” tegasnya.

Sementara itu, ada sejumlah pejabat negara yang diperkirakan bakal hadir mengikuti Aksi Damai Bela Palestina itu. Mulai dari Menko PMK Muhadjir Effendy, Menlu Retno Marsudi.

Kemudian Ketua DPR RI Puan Maharani yang dijadwalkan akan melakukan orasi, hingga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter