TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas terkait digelarnya parade (defile) pasukan dan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI dalam rangkaian HUT Ke-78 TNI pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan bahwa rekayasa lalu lintas akan dimulai pukul 10.15-11.15 WIB.

Menurutnya, waktu berlakunya rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional, kecuali untuk bus TransJakarta tetap bisa melintas.

Adapun parade akan dilakukan mulai dari Gerbang Tenggara Monas-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin-Bundaran Hotel Indonesia (putar balik)-Jalan MH Thamrin- Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara- berakhir di Gerbang Barat Laut Monas.

Rekayasa Lalu Lintas saat Peringatan HUT TNI 5 Oktober 2023

1. Rekayasa lalu lintas dari Selatan (Semanggi) menuju Utara (Harmoni) bisa melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Gatot Subroto-Jalan Letjen S Parman-Jalan Tomang Raya-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto-dan seterusnya.

Kemudian pengendara dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Gatot Subroto-Jalan KS Tubun-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Cideng Barat-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto

Atau dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Karet Pasar Baru Timur II-Jalan Karet Abdul Jalil-Jalan Karet Pasar Baru Timur 2-Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Cideng Barat-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto dan seterusnya.

2. Rekayasa lalu lintas dari Harmoni ke Senayan bisa melalui Jalan Ir Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Taman Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Mutia-Jalan GSSJ Ratulangi-Jalan HOS Cokrominoto-Jalan Imam Bonjol-Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

Atau dapat melalui Jalan Ir Juanda-Jalan Suryopranoto-Jalan Cideng Barat-dan seterusnya.

3. Rekayasa lalu lintas dari Timur (Tugu Tani) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Mutia-Jalan GSSJ ratulangi-Jalan HOS Cokrominoto-Jalan Imam Bonjol-Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

4. Rekayasa lalu lintas dari Barat (Tanah Abang) menuju ke Timur (Manggarai) dapat melalui Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan R.M Margono Djojohadikoesoemo-Jalan Galunggung-dan seterusnya.

Pengguna jalan diimbau untuk menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.

Selain itu, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Bagi masyarakat pengguna transportasi Kereta Api Jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir, agar bisa menyesuaikan waktu perjalanannya.

Rangkaian Parade HUT Ke-78 TNI Tahun 2023

Tema HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 adalah ‘TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju’.

Dalam tema tersebut terkandung makna bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri dari tiga matra darat, laut, dan udara akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setidaknya ada 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista yang terlibat dalam rangkaian HUT Ke-78 TNI tahun ini.

Pada acara demo udara nanti, akan diawali dengan aksi terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri.

Demo udara tersebut melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara yang akan meramaikan langit Jakarta.

Diawali dengan flypast Tri matra flight yang membawa bendera merah putih berukuran raksasa.

Disusul dengan Army Flight, Bonanza flight, Walet flight, Cendrawasih flight, Rajawali flight, Kencana flight, Golden flight.

Kemudian ada aksi bomb burst dari Rydder Flight dan Eagle Flight kemudian theatrical show oleh The Juputer Dynamic Pegasus.

Masyarakat juga bisa langsung ke Monas jika ingin melihat demo uara dan alutsista dari dekat.

Pemilihan Monas sebagai lokasi utama karena mereka ingin mendekatkan diri kepada masyarakat agar bisa memiliki akses yang mudah untuk menikmati keterampilan prajurit TNI yang dikemas dalam demo-demo.

Selain itu, mereka juga menyediakan layanan live streaming bagi masyarakat yang ingin menyaksikan secara daring pada Instagram @militer.udara.