TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan menambah lima armada bus sekolah gratis.

Bertambahnya bus sekolah gratis tersebut diharapkan bisa menurunkan jumlah volume kendaraan sehingga kemacetan dapat teratasi.

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang pada Dishub Tangsel, Galang Andika mengatakan, penambahan bus tersebut rencananya akan mulai beroperasi pada bulan September 2024 mendatang.

“Rencananya ada penambahan lima armada baru, InsyaAllah bulan September mulai beroperasi. Untuk tambahan terdiri dari empat bus sedang dan satu mikro bus elf,” kata Galang, Senin, 29 Juli 2024.

Galang menerangkan, dari total lima armada bus sekolah gratis, dua diantaranya dikhususkan untuk mengangkut siswa berkebutuhan khusus.

Bus Sekolah Gratis di Tangsel
Kepala Seksie Angkutan Orang dan Barang pada Dishub Tangsel, Galang Andika. Foto: Andre Pradana/Tangselife

Dua armada yang digunakan untuk mengangkut siswa berkebutuhan khusus terdiri satu bus sedang dan satu elf dengan total kapasitas mencapai 67 siswa.

“Elf kapasitas 19 orang dan bus sedang 48 orang. Kalau yang berkebutuhan khusus kemungkinan nantinya akan digunakan juga untuk pendamping mereka,” terangnya.

Galang menyebut, berdasarkan pendataannya terdapat 21 sekolah dengan siswa berkebutuhan khusus di Tangsel.

Namun untuk tahap awal bus sekolah gratis tersebut akan mencakup tujuh sekolah dengan siswa berkebutuhan khusus.

Untuk saat ini rute bus sekolah gratis tambahan tersebut belum ditetapkan, namun akan melintas di dua Kecamatan yang ada di Tangsel.

“Kebanyakan siswanya di Pamulang sama BSD rumah merrka. Nanti rutenya mengarah ke Living Word sampai ke SKH Negeri 1 Tangsel dan SKH kak Seto (Pondok Aren),” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter