TANGSELIFE.COM – Ada 4 aramada atau mobil bus sekolah gratis yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Lalu berapa haji para supir bus sekolah gratis itu?

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) saat ini telah mengoperasikan pelayanan bus sekolah gratis untuk para pelajar.

Sajauh ini terdapat 4 armada bus sekolah gratis yang dioperasikan di 4 rute yang telah ditetapkan oleh Dishub Tangsel.

Salah seorang Sopir bus sekolah gratis yang dipercaya mengantar siswa ke Sekolah yakni Hendra (46).

Hendra merupakan warga Cilenggang yang telah dipercaya mengendarai mobil bus sejak pertama kali Pemkot Tangsel mempunyai angkutan perkotaan bernama Trans Anggrek.

Hendra mengatakan, dirinya biasa mengoperasikan bus sekolah gratis sejak pukul 05.00 WIB pagi yang dimulai dari titik perjalanan bus yaitu dari kantor KIR yang berada di Kecamatan Setu.

Hendra tak menampik bahwa dalam perjalanan lalu lintas tidak selalu lancar, seringkali ia menemui kemacetan di beberapa titik.

Setiap perjalanan para Sopir ditargetkan untuk sampai pemberhentian di titik sekolah terakhir maksimal pukul 07.00 WIB.

“Sejauh ini gak pernah terlambat, menyesuaian saja, namanya kondisi jalanan tidak ada yang tahu, kalau lagi macet yang kita atur lama pemberhentiannya,” kata Hendra kepada Tangselife.com, Rabu, 1 November 2023.

“Pemberhentian tidak lama, paling hanya dua atau tiga menit, jadi ada atau tidak ada siswa dititik pemberhentian bus sekolah pasti jalan,” lanjutnya.

Dikatakan Hendra, dalam proses perjalanan mengantar siswa menuju sekolah pada pagi hari hanya sedikit yang menaiki bus.

Namun kondisi berbeda ia dapatkan ketika bus sekolah gratis melakukan penjemputan pada sore hari yang selalu dipenuhi siswa. 

“Kalau berangkat sepi, mungkin siswa diantar sama orang tua, mungkin sekaligus orang tuanya berangkat kerja. tapi kalau pulang sekolah pasti ramai,” tuturnya.

Bus sekolah tangsel
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan saat memastikan kesiapan bus trans anggrek jadi bus sekolah. (Dok. Humas Pemkot Tangsel)

Pria yang berstatus sebagai tenaga honorer di Dishub Tangsel itupun mengungkapkan, tidak ada klasifikasi khusus pelajar yang ingin menaiki bus sekolah gratis.

Jika menaiki bus, para siswa akan melakukan absen secara manual untuk melakukan pendataan nama dan dari sekolah mana siswa yang naik bus sekolah gratis.

Untuk menunjang keamanan, setiap bus sendiri diberikan 4 CCTV untuk memantau pergerakan siswa di dalam bus untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ada CCTV 4, di bagian depan dua dan bagian belakang dua. Setiap bus ada satu sopir dan satu petugas yang bertugas memantau siswa sekaligus menjadi Kernet,” pungkasnya.

Gaji Supir Bus Sekolah Tangsel

Sementara soal gaji sebagai supir bus sekolah Tangsel, Hendra mengaku hanya mendapatkan bayaran Rp2,5 juta per bulan. Layaknya pekerja honorer lain di Tangsel.

Dengan besaran gaji itu, Hendra harus pintar-pintar mengatur keuangan agar cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sebulan bersama keluarganya. (Andre)

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter