TANGSELIFE.COM– Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan berikan bantuan sepeda untuk pelajar Ciputat yang sekolah jalan kaki sejauh 12 kilomter (km) setiap hari.

Bantuan sepeda itu diberikan langsung Wakil Wali Kota (Wawalkot) Tangsel Pilar Saga Ichsan saat berkunjung ke rumah orang tua Viky di Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat.

“Alhamdulillah kondisi Viky sehat. Saya juga bertemu dan berbincang dengan orang tuanya di rumahnya. Ada rejeki buat Viky sepeda yang bisa dimanfaatkan,” terang Pilar, Sabtu 20 Mei 2023.

Dalam perbincangan itu, Pilar juga menanyakan kepada Viky kenapa bersekolah sangat jauh sampai jalan kaki, padahal di lokasi rumahnya di Kecamatan Ciputat terdapat banyak SMA.

“Kenapa sekolah jauh? Alasannya sangat pribadi sekali. Viky harus pindah dari salah satu sekolah swasta di Ciputat ke SMA yang cukup jauh jaraknya,” papar Pilar juga.

Pilar juga mengatakan, Pemkot Tangsel telah berkoordinasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten untuk memindahkan Viky ke sekolah SMA yang tidak jauh dari rumahnya.

“Kami ingin pindahkan Viky ke sekolah di sekitar Ciputat. Tapi ternyata, Viky sekolah sudah sampai akhir atau mau lulus,” ucap Pilar lagi.

Selain memberikan sepeda MTB dengan warna kuning berklir hitam plus helm sepeda, Pilar juga mengatakan akan membantu Viky kuliah..

“Kami juga menawarkan program beasiswa perguruan tinggi S1 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel agar Viky bisa melanjutkan pendidikan,” papar Pilar juga.

“Alhamdulillah Viky senang sekali menerima tawaran tersebut dan bertekad untuk menyelesaikan pendidikan untuk bisa membantu ayahnya yang saat ini sedang sakit,” kata Pilar juga.

Viky ingin kuliah di bidang teknologi informasi (IT). “Jadi kami koordinasi dengan Universitas Terbuka (UT), agar Viky bisa kuliah online atau kampus lainnya,” ujar Pilar.

Dengan kuliah online, Viky bisa membantu orang tuanya di rumah. ”Tapi harus selesai yah kuliahnya?,” tanya Pilar sambil disambut anggukan oleh Viky.

Selain itu, Pemkot Tangsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel juga akan memperhatikan kondisi kedua adik Viky yang saat ini masih bersekolah.

Agar keduanya bisa menyelesaikan pendidikannya sampai selesai dan tidak terganggu biaya sekolah yang memberatkan kedua orang tuanya.

“Komitmen dan perhatian Pemkot Tangsel terhadap bidang pendidikan jangan sampai karena keterbatasan, mereka jadi tidak bersekolah,” tandas Pilar lagi.

Untuk diketahui, video Viky nyaris pingsan jalan kaki di depan Mc Donald Gaplek di Jalan RE Martadinata viral di media sosial.

Viky mengaku harus jalan kaki 12 kilometer (km) setiap hari untuk pulang pergi sekolah dari rumahnya di Ciputat, Kota Tangsel ke Bojongsari, Kota Depok, Rabu 17 Mei 2023.

Dalam video viral itu tampak seorang siswa mengenakan baju duduk di trotoar jalan di depan Mc Donald’s Pondok Cabe, Jalan RE Martadinata, Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Rupanya, anak sekolah menengah atas (SMA) itu baru saja terjatuh di trotoar perempatan Gaplek nyaris pingsan dan tengah diberikan teh hangat oleh seorang penjual kopi keliling.

Remaja yang mengaku bernama Viky jalan kaki pulang sekolah hingga terjatuh karena perutnya kosong. Sejumlah warga lantas mengerubungi siswa sekolah tersebut.

“Kenapa dek?,” tanya seorang pria muda berkaos putih bertanya kepada siswa sekolah tersebut. “Pusing bang. Perut kosong,” terang remaja tersebut.

Remaja yang membawa tas ransel dan mengenakan hoddie berwarna hitam bertuliskan NASA itu mengaku tiap hari harus jalan kaki ke sekolahnya di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Melihat viralnya video itu, Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan langsung mengirim tim untuk datang ke rumah Viky pada Jumat 19 Mei 2023.

Bukan itu saja, Kapolsek Ciputat Timur Kompol Agung Nugroho beserta Lurah Cipayung Darwin Sopian dan jajaran Camat Ciputat juga datang ke rumah Viky.

Dapat Bantuan Sepeda Pelajar Ciputat Tolak Open Donasi

Sejumlah komentar mendoakan agar Viky tetap kuat menjalani hari-hari ke sekolah meski harus berjalan kaki 12 km setiap harinya.

Selain itu juga banyak akun yang menawarkan bantuan kepada Viky mulai dari sepeda hingga sepatu untuk digunakan untuk bersekolah.

Tapi dihadapan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsa, Viky mengaku sangat berterimakasih kepada netizen ingin memberikan bantuan.

Selain itu juga, Viky berterimakasih atas  perhatian netizen terhadap dirinya dengan membuka open donasi atau sumbangan bantuan.

Tapi Viky menegaskan tidak ingin netizen membuka open donasi dan bantuan untuk diberikan kepada dirinya. Viky dan keluarganya tidak ingin merepotkan masyarakat.

“Terkait open donasi itu tidak diinginkan oleh Viky dan keluarganya,” ujar Pilar mengutif pernyaaan Viky saat datang ke rumahnya memberikan bantuan sepeda, Sabtu 20 Mei 2023.

Viky hanya minta masyarakat mendoakan dirinya saja agar bisa melanjutkan kuliah sambil bekerja untuk membantu ekonomi keluarganya.

Sebelumnya, sejumlah netizen terenyuh dengan keadaan Viky berusaha memberikan bantuan melalui Instagram @tangsel.life pada Jumat 19 Mei 2023 lalu.

Akun @giffariadithia menawarkan sepeda untuk Viky. “Saya ada sepeda mau ga dia yah,” tanyanya.

Cuitan @giffariadithia kontan didukung oleh banyak warganet. “@giffariadithia kasih bang cari ajah nomornya. Semoga berkah,” tulis @lantopetir88.

Tawaran sepeda juga dilakukan akun @mynameula. “Saya juga ada sepeda. Semoga bermanfaat buat beliau,” cuitnya.

Bahkan akun @yosiocimewww menyarankan agar dibuka open donasi untuk membelikan Viky motor. “kasihan…huhuhu donasi motor ga sii untuk kk ini???.

Selain itu beberapa warganet juga mau menyumbangkan sepatu untuk Viky. Akun @rizal_zlsturggle minta alamat Viky agar bisa dia bisa mengirimkan sepatu.

“Tolong tanyain size sepatunya min @tangsel.life. Nanti kasih alamatnya ke saya biar saya paket dari gudang,” cuit @rizal_zlsturggle.

Selain itu juga banyak warganet meng-tag akun selebritis yang selama ini dikenal selalu membantu masyarakat yang kekurangan.

Seperti yang dilakukan @wulandari.haircode.33046. “Tolong diintip @baingwong, @putrasiregarr17 @raffinagita1717, kasihan,” cuitnya.