TANGSELIFE.COM– Mengulik profil Epy Kusnandar yang diciduk oleh Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat terkait dugaan penyalahgunaan narkoba.

Pasalnya, baru-baru ini publik dihebohkan terkait kabar penangkapan Epy Kusnandar dan temannya yang juga merupakan pemain sinetron “Preman Pensiun” pada hari Jumat, 10 Mei 2024.

Kabar ini juga telah dibenarkan oleh Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahhudi, “Iya benar yang bersangkutan sudah kami amankan terkait penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Kasus narkoba yang menjerat mantan pesinetron Preman Pensiun ini pun menjadi sorotan publik.

Lantas, siapakah Epy Kusnandar? berikut ulasan profilnya secara lengkap.

Profil Epy Kusnandar dan Biodata Lengkapnya

Profil epy kusnandar
Potret kedekatan Epy dan sang istri Karina Ranau usai 16 tahun menikah

Epy Kusnandar merupakan aktor senior yang lahir di Garut, 1 Mei 1964 yang memulai karirnya di bidang seni peran sejak remaja

Sejak duduk dibangun sekolah menengah ia diketahui memang sudah aktif di dunia peran dan kerap mengikuti berbagai kegiatan teater.

Lulus dari SMA, pria berusia 60 tahun tersebut melanjutkan studinya ke Institur Kesenian Jakarta pada tahun 1989.

Epy memulai karirnya dengan membintangi sinetron berjudul 1 Kakak 7 Ponakan pada tahun 1966, sedangkan film perdana yang ia bintangi adalah Petualangan Sherina di tahun 2000.

Tanpa disangka perannya sebagai Upay di film Petualangan Sherina ini membuat namanya kian melejit, ia juga mulai dipercaya untuk bermain di film-film ternama.

Daftar film yang pernah dimainkan oleh Epy Kusnandar di antaranya Get Married, Si Jago Merah, The Tarix Jabrix, The Raid 2: Berandal, dan lain-lainnya.

Selain itu, deretan serial televisi juga pernah dibintanginya mulai dari Mister Olga, Si Cemong, Para Pencari Tuhan Jilid 6, Suparman Reborn, hingga satu yang membuat namanya makin terkenal yakni sinetronnya berjudul Preman Pensiun.

Kesuksesannya dalam dunia akting dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang pernah diraihnya dalam ajang Festival Film Indonesia.

Epy pernah menyabet penghargaan untuk kategori Pemeran Pendukung Pria FTV Terbaik di Festival Film Indonesia 2012 dan Pemeran Utama Pria FTV Terbaik di Festival Film Indonesia 2014.

Sementara, untuk kisah percintaannya diketahui bahwa Epy sudah menikah dua kali dan memiliki tiga orang anak.

Anak dari istri pertamanya bernama Qodrat Pratama Putra yang lahir pada tahun 1990 dan Damar Rizal Marzuki yakng saat ini menjadi dosen di Institur Kesenian Jakarta.

Sedangkan, dari pernikahan keduanya dengan Karina Ranau pada 27 Juli 2008 mendapatkan seorang anak bernama Quentin Stanislavski Kusnandar.

Meski demikian, rumor keretakan rumah tanggal Epy dan Karina juga sempat menghebohkan publik pada tahun 2013, sebab saat itu diketahui Epy Kusnandar sempat menggugat cerai sang istri melalui pesan singkat.

Namun, sampai detik ini tidak ada kabar lanjutan terkait proses perceraian keduanya dan masih terlihat baik-baik saja.

Kabar tersebut juga semakin terbantahkan, lantaran keduanya juga masih terlihat harmonis ketika menjalankan bisnis kuliner dengan berjualan takjil pada Ramadhan 2024 ini.

Epy Kusnandar Alami Kanker Otak dan Divonis Umurnya Tidak Lama Lagi

Aktor lawas ini juga sempat dinyatakan mengidap penyakit kanker otak pada tahun 2011 dan divonis hanya bisa hidup empat bulan lagi.

Segala upaya pun terus dilakukan Epy untuk menyembuhkan penyakitnya tersebut mulai dari bedah angkat tumor di kepala hingga segala jenis pengobatan alternatif.

Pengobatan yang dilakukan Epy selama dua tahun itu pun membuah hasil yang manis, pasalnya ia dinyatakan sembuh dan bisa kembali beraktivitas lagi.

Namun, efek dari sakit tersebut juga membuat pengelihatannya mengalami masalah yakni mata kirinya disebut mulai buram untuk dipakai melihat.

Jihan Hoirunisa
Reporter