TANGSELIFE.COM– Kenali gejala asam urat tinggi pada pria dan wanita yang harus diwaspadai, sebab bisa menimbulkan masalah yang serius.

Asam urat bisa menyerang siapa saja baik tua ataupun muda, namun kebanyakan penyakit asam urat menyerang pria di usia sekitar 30 tahun dan menyerang wanita ketika fase menopause.

Penyebab asam urat ini bisa berasam mulai dari pola hidup tidak sehat, keturunan, cedera, atau kondisi medis lainnya.

Gejala asam urat tinggi biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri di area persendian hingga menimbulkan pembengkakan.

Rasa nyeri ini biasanya menyerang bagian jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan area sendi lainnya, tapi paling sering di jempol kaki.

Adapun gejala asam urat tinggi ini mirip dengan gangguan radang sendi lain, maka Anda perlu mengetahui ciri-ciri asam urat lainnya selain timbul rasa nyeri.

Berikut Gejala Asam Urat Tinggi Pada Pria dan Wanita

Gejala asam urat tinggi
Kenali ciri-ciri asam urat tinggi pada pria dan wanita

1. Timbul rasa nyeri pada persendian

Ciri-ciri asam urat tinggi yang paling umum adalah timbul rasa nyeri pada persendian, karena kadar asam urat di dalam darah terlalu tinggi.

Hal ini membuat timbulnya penumpukan kristal asam urat yang menusuk persendian.

Rasa nyeri ini biasanya muncul di pergelangan kaki dan tangan, jari kaki serta tangan, lutut, hingga siku.

2. Area persendian menjadi bengkak

Gejala asam urat tinggi lainnya adalah terjadinya pembengkakan pada sendi atau sinovium yang membuat penderitanya tidak nyaman.

Penyebab dari pembengkakan ini adalah karena cairan pelumas sendi mengalami peningkatan, sehingga bagian-bagian sendi ini terkena asam urat.

3. Muncul bejolan

Jika nyeri dan pembengkakan ini diabaikan dan tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat, maka bisa menimbulkan benjolan di persendian atau disebut thopi.

Benjolan akibat asam urat tinggi ini bisa menjadi permanen dan merusak sendi serta jaringan lunak di sekitarnya.

4. Timbul rasa panas pada persendian

Gejala asam urat tinggi lainnya selain rasa nyeri dan pembengkakan adalah timbul rasa panas atau hangat, hal ini karena adanya peradangan.

5. Nyeri malam hari

Ciri-ciri asam urat tinggi lainnya adalah timbul rasa nyeri pada malam hari, karena kurangnya konsumsi air.

Pasalnya, ketika malam hari biasanya seseorang tidak banyak mengonsumsi air, sehingga ketika kadar purin tinggi dan kurang minum maka bisa timbul rasa nyeri.

6. Timbul rasa tidak nyaman

Ketika asam urat tinggi maka seseorang akan merasakan nyeri, pembengkakan, dan rasa panas dalam beberapa hari, sehingga akan menjadi susah untuk beraktivitas.

Hal ini tentunya bisa menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman untuk berkegiatan atau beristirahat.

7. Demam

Gejala asam urat tinggi yang terakhir adalah timbulnya demam karena peradangan sendi hingga membuat pusing dan mual.

Demikian itu beberapa gejala asam urat tinggi pada pria atau wanita yang perlu diwaspadai, namun untuk memastikan kondisi kesehatan Anda maka dianjurkan agar tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Lantas, Apa itu Asam Urat?

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.

Umumnya, penyakit asam urat ini lebih mudah menyerang pria berusia di atas 30 tahunan, sementara pada wanita muncul pada faset atau setelah menopause.

Kristal asam urat ini yang menyebabkan persendian timbul rasa nyeri, pembengkakan, dan rasa panas yang berlangsung kurang lebih 3-10 hari.

Gejala asam urat tinggi ini juga kerap disamakan dengan rematik, padahal istilah ‘rematik’ untuk menggambarkan rasa sakit persendian atau otot karena peradangan.

Jihan Hoirunisa
Reporter