TANGSELIFE.COM – Ratusan petugas di TPS atau tempat pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tumbang.

Ratusan petugas di TPS yang tumbang itu diketahui dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Data ratusan petugas di TPS yang tumbang saat bertugas itu akumulasi data dari seluruh puskesmas yang mengani petugas TPS tumbang.

Dari data yang dimiliki, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel dr. Allin Hendallin Mahdaniar meyebut, ada 109 pasien dari petugas di TPS yang ditangani puskesmas.

“Pelayanan kesehatan puskesmas terhadap petugas di TPS sebanyak 109 pasien,” kata Allin dalam keterangan yang dikirimkan kepada tangselife.com, Kamis, 15 Februari 2024.

Dalam keterangannya, Allin merinci, 109 petugas di TPS yang tumbang itu yakni terdiri dari 76 laki-laki dan 33 perempuan.

“Ada petugas KPPS, pemilih, PPS, Bawaslu, saksi dan linmas. Mereka semua sudah dapat pengobatan dan sudah pulang,” paparnya.

Rincian petugas di TPS yang tumbang di Tangsel:

  • KPPS: 54 orang
  • Petugas: 29 orang
  • Pemilih: 14 orang
  • PPS: 4 orang
  • Bawaslu: 3 orang
  • Saksi: 3 orang
  • Linmas: 2 orang

Data KPU Tangsel 5 Petugas di TPS Tumbang

Sebelumnya diberitakan, KPU Kota Tangsel mencatat sedikitnya ada 5 petugas di TPS yang tumbang hingga dilarikan ke fasilitas layanan kesehatan.

Mereka tumbang setelah hampir 24 jam bertugas melakukan pemungutan hingga penghitungan suara pada 14 Februari-15 Februari dini hari.

Kelima petugas tersebut terdiri dari empat orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan satu orang anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Komisioner KPU Tangsel Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Heni Lestari mengatakan, kelima petugas yang mengalami kelelahan tersebut langsung mendapatkan penanganan medis di fasilitas layanan kesehatan terdekat di setiap TPS.

“4 KPPS dan 1 linmas (yang kelelahan, red). Keadaan sudah membaik dan sudah di perbolehkan pulang,” kata Heni ketika dikonfirmasi, Kamis, 15 Februari 2024.

Heni menyebut, ke empat petugas KPPS yang kelelahan saat bertugas diantaranya berada di TPS 33 Serpong, TPS 10 Rawa Mekar Jaya, TPS 44 Pondok Kacang Barat dan TPS Bambu Apus.

Sementara satu orang Linmas yang kelelahan bertugas di TPS 14 Rawa Mekar Jaya.

Heni menuturkan, berdasarkan informasi yang ia dapatkan seluruh petugas tersebut hanya mengalami kelelahan.

Saat ini seluruh petugas tersebut dipastikan sudah pulang dari seluruh fasilitas layanan kesehatan.

“Kecapean saja info dari PPS nya. Jadi langsung berobat,” tuturnya.

Heni memastikan petugas TPS yang mendapatkan pengobatan dan perawatan karena kelelahan tidak dikenakan biaya lantaran sudah ditanggung oleh BPJS.

Intan
Editor
Intan
Reporter