TANGSELIFE.COM – Kentut seringkali dianggap sesuatu yang memalukan karena aroma busuk yang dihasilkan bisa mengganggu penciuman orang lain.

Namun siapa sangka kalau ternyata mencium bau kentut tak sepenuhnya buruk.

Dalam sebuah penelitian terungkap kalau menghirup aroma kentut punya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Fakta ini ditemukan oleh penelitian dari kolaborasi dua kampus ternama yaitu Universitas Texas dan Universitas Exeter.

Dari penelitian tersebut dijelaskan bahwa hidrogen sulfida sebagai salah satu komponen utama gas berbau yang memberikan aroma seperti telur busuk bisa memberi manfaat untuk kesehatan manusia, mulai dari mencegah penyakit jatung sampai gagal ginjal.

Landasan di balik adanya penelitian 2014 ini adalah teori yang menyatakan kalau sebagian sel penghasil energi pada tubuh yang disebut mitokondria akan bekerja lebih baik dan mencegahnya dari kerusakan apabila terpapar oleh gas tersebut.

Dalam studi ini para peneliti memperhatikan ketika sel-sel di arteri atau vena mengalami kerusakan atau stres yang disebabkan oleh kondisi tertentu.

Sel-sel tersebut menggunakan enzim tubuh sendiri untuk membuat hidrogen sulfida.

Gas tersebut kemudian memungkinkan sel untuk mengatur stres oksidatif yang sering disebabkan oleh kondisi ini dengan lebih baik, yang pada akhirnya mengakibatkan peradangan yang membunuh sel.

Namun ketika kondisinya menjadi lebih parah, mitokondria tidak bisa memproduksi cukup gas untuk mengimbanginya dan penyakit ini akan terus bertambah.

Akhirnya tim peneliti memutuskan menguji sebuah teori, apakah paparan sel terhadap hidrogen sulfida buatan dapat membantu menjaga mitokondria tetap kuat dan mencegah penyakit menjadi lebih buruk?

Jadi, mereka menciptakan senyawa yang diberi nama AP39 yang meniru hidrogen sulfida, kemudian memaparkan sel-sel di pembuluh darah ke dalamnya.

Dari hasil uji tersebut, AP39 sama baiknya dengan hidrogen sulfida alami dalam membantu mitokondria melindungi diri dari penyakit.

80 persen mitokondria yang terpapar oleh AP39 terawetkan oleh gas.

Hal tersebut berdampak luas pada banyak kondisi yang terkait dengan kematian sel yang disebabkan oleh fungsi mitokondria.

Lebih lanjut penelitian dilakukan mengenai interaksi AP39 atau hidrogen sulfida dengan sistem tubuh lainnya, namun hasil awal cukup menjanjikan.

Bukan sekadar keberuntungan, tim menampilkan beberapa peneliti yang sama menemukan bahwa AP39 melindungi mitokondria dari kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.

Beberapa Manfaat dari Aroma Kentut untuk Kesehatan

Inilah beberapa manfaat dari aroma kentut yang dikutip dari situs Healthline:

1. Menurunkan tekanan darah

Dari studi tahun 205 ditemukan kalau AP39 bisa membuat dinding pembuluh darah tidak terlalu kaku.

Ketika dinding pembuluh darah tidak terlalu kaku tandanya tekanan darah juga akan menurun.

2. Mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa AP39 bisa memperlebar pembuluh darah dan membuatnya memompa darah lebih efisien, sehingga bisa mencegah serangan jantung atau mengurangi kemungkinan terkena stroke.

3. Meningkatkan kesehatan ginjal

Sesuai studi pada 2016 diketahui bahwa AP39 bisa mengobati ginjal yang rusak akibat peradangan.

4. Melindungi otak

Penelitian lain yang menunjukkan manfaat aroma kentut adalah melindungi otak dari kerusakan setelah serangan jantung.

Manfaat mencium bau kentut juga dapat mencegah demensia dan Alzheimer.

5. Mengurangi efek penuaan

Bagi kamu yang tak ingin cepat terlihat tua bisa mencoba manfaat mencium bau kentut, karena penelitian menyebutkan AP39 bisa melindungi struktur sel yang berkurang seiring berjalannya waktu

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu