TANGSELIFE.COM – Astra Honda Motor memenuhi panggilan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang membahas keluhan masyarakat terkait rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) sepeda motor yang korosi berkarat dan patah pada Senin, 28 Agustus 2023.

Danto Restyawan selaku Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menyampaikan pertemuan ini bertujuan untuk meminta penjelasan soal rangka tersebut.

Sebagai bentuk tindak lanjut, pemerintah akan membentuk tim penelitian yang menangani isu korosi dan patah rangka eSAF yang terdiribatas Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan AHM.

Rangka eSAF sendiri adalah desain struktur bagian depan yang terhubung dengan duduk pengendara pada sepeda motor.

“Di samping itu, perusahaan juga akan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai kondisi yang diperlukan melalui bengkel resmi terdekat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan selamat,” kata Danto.

Dari rapat tersebut, perusahaan juga membuka akses penyampaian keluhan terkait rangka yang diduga karatan tersebut.

Konsumen bisa mendatangi bengkel resmi terdekat untuk melakukan perawatan dan perbaikan sesuai kondisi motor.

Hasil pertemuan tersebut juga diketahui kalau tak ada pertimbangan untuk recall atau penarikan kembali motor Honda yang menggunakan rangka eSAF.

Danto juga menegaskan kalau Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan terus mengawal dan mengawasi peristiwa ini untuk mewujudkan keselamatan pengendara motor.

Kasus seperti ini bukan hanya jadi perhatian masyarakat, tetapi pemerintah juga.

Layanan Keluhan Rangka eSAF dari PT AHM

Konsumen bisa menyampaikan keluhan terkait rangka eSAF yang bermasalah pada sepeda motor honda melalui kontak yang disediakan PT AHM yaitu melalui telepon dengan nomor 1-500-989.

Selain itu juga bisa melalui e-mail customercare@astrahonda.com atau SMS ke 0811-9-500-989.

PT AHM akan memperbaiki dan melakukan perawatan pada rangka eSAF yang bermasalah.

Konsumen yang mengalami permasalahan rangka eSAF keropos atau patah pada sepeda motor Honda diminta untuk melapor ke tempat servis atau bengkel resmi Honda terdekat.

Viral Rangka eSAF Keropos dan Mudah Patah

Masalah ini dilatarbelakangi oleh sebuah video viral rangka eSAF yang terdapat di beberapa jenis sepeda motor matic Honda yang tiba-tiba saja keropos dan patah.

Semua pemilik kendaraan dengan keluhan serupa langsung membagikannya melalui media sosial.

Direktur Pemasaran AHM, Octavianus Dwi Putro, menyebut ada beberapa faktor penyebab eSAF rusak, tergantung pada kasus kerusakannya.

Apabila kasusnya disebabkan oleh kesalahan pabrik, pihak AHM akan melakukan penggantian pada konsumen dengan cara klaim garansi.

Pihak Honda perlu memeriksa rangka tersebut untuk mengetahui penyebab pastinya.

Untuk memeriksanya, pengguna motor bisa datang ke AHASS resmi Honda.

Adapun General Manager Komunikasi PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, memastikan setiap motor Honda yang dipasarkan sudah dilakukan uji kualitas.

Ahmad menyampaikan bahwa komitmen AHM terhadap kualitas sepeda motor Honda yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia tidak perlu diragukan.

“Setiap produk sepeda motor baru yang kami kirim ke konsumen itu sudah melalui uji kualitas, itu adalah prioritas buat kami.”

“Karena memang kualitas itu terpenting, terutama buat kami, agar kami bisa menemani konsumen berkendara dengan aman dan nyaman,” tambahnya.

Tentunya tidak semua jenis sepeda motor Honda menggunakan rangka eSAF.