TANGSELIFE.COM– Universitas di Taiwan membuka kesempatan beasiswa untuk para lulusan perguruan tinggi vokasi Indonesia.

Kemendikbudristek berkolaborasi dengan beberapa kampus di Taiwan dalam rangka meningkatkan pendidikan alumni perguruan tinggi vokasi di Indonesia.

Program beasiswa ini bertajuk ‘New Academia Industry Program Taiwan’ dan dibuka untuk dua universitas di Taiwan.

Diantaranya ada Universitas Hsing wu (HWU) dan Universitas Cheng Shiu (CSU).

Adapun, program beasiswa ini ditujukan untuk para lulusan perguruan tinggi Indonesia vokasi D3 atau D4 untuk melanjutkan ke jenjang sarjana (S1).

Universitas di Taiwan
Universitas Hsing Wu akan melakukan perekrutan putra-putri Indonesia yang berbakat dan meningkatkan keterampilan serta inovasi mahasiswa agar sesuai dengan industri internasional.

Program Beasiswa Universitas di Taiwan Terbuka untuk Lulusan Vokasi D3-D4.

Kabar terkait program beasiswa di universitas Taiwan ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidik Vokasi Kemendikbudristek, Saryadi.

Sebagai informasi, program beasiswa ini dibukan mulai bulan Februari – Mei 2024 bersama dengan masing-masing politeknik.

Untuk proses perekrutan mahasiswa bakal dimulai pada bulan Februari 2024 dan segala rangkaian seleksi pendaftaran selesai di bulan Juli 2024.

Kemudian, mahasiswa bisa memulai semester awal perkuliahan di bulan September 2024.

Presiden Universitas Hsing Wu (HWU) menjelaskan bahwa universitasnya menjadi salah satu yang dipilih oleh Kementerian Pendidikan Taiwan.

Nantinya, Universitas HWU akan melakukan perekrutan putra-putri Indonesia yang berbakat dan meningkatkan keterampilan serta inovasi mahasiswa agar sesuai dengan industri internasional.

Tidak hanya mendapatkan pendidikan yang berkualitas, mahasiswa yang mengikuti program beasiswa ini akan mendapatkan pengalaman magang industri di semester 4 untuk menunjang kompetensi.

Sementara, universitas Cheng Shiu (CSU) membukan beasiswa untuk jurusan teknik, manajemen, serta Tourism and Hospitality.

Presiden Direktur Universitas CSU, Cheng Su Ren juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan menawarkan uang akomodasi, pelatihan bahasa gratis dan asrama untuk penerima beasiswa.

Universitas CSU ini berorientasi pada kebutuhan perusahaan yang disesuaikan dengan industri tertentu.

Kolaborasi Politeknik Indonesia dan Universitas di Taiwan untuk Meningkatkan Kualitas pendidikan Mahasiswa Vokasi.

Program beasiswa pendidikan ini menitikberatkan pada nilai kolaborasi antara politeknik dan universitas.

Menurut Suryadi, Indonesia dan Taiwan memiliki misi yang sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi.

Sehingga, kerja sama antara politeknik dan universitas di Taiwan diharapkan bisa menjawab tantangan masa depan.

“Kolaborasi internasional ini sangat penting, oleh karena itu, program beasiswa yang ditawarkan taiwan menjadi cara yang dapat ditempuh politeknik di Indonesia,” ucap Suryadi.

Selain itu, Suryadi percaya bahwa lulusan politeknik bisa mengembangkan keterampilannya di luar negeri dan kembali ke Indonesia.

Program beasiswa ini menjadi salah satu upaya yang berperan penting dalam meningkatkan ekonomi, sumber daya manusia (SDM) unggul yang mampu bersaing di industri global.