TANGSELIFE.COM – Google merilis kata kunci atau keyword yang sering dicari pengguna internet Google.com melalui Year in Search di tahun 2023.

Sejumlah keyword sudah diumumkan oleh Google mengenai kata kunci apa saja yang paling banyak dicari oleh netizen Indonesia sepanjang tahun 2023 ini.

Sekitar satu minggu lalu, Google sudah merilis daftar kata kunci paling banyak dicari di dunia sepanjang 2023, kini giliran daftar kata kunci paling banyak dicari di Indonesia sepanjang 2023.

Seperti biasanya, Google membagi kata paling banyak dicari orang Indonesia dengan beberapa topik.

Salah satunya adalah ‘Apa’ yang menampilkan apa yang paling banyak dicari masyarakat pengguna internet di Indonesia secara umum.

Untuk kategori ‘Apa’, salah satu kata kunci paling banyak dicari adalah ‘Apa itu AI‘.

AI dalam hal ini merujuk pada kecerdasan buatan yakni artificial intelligence.

Sepanjang 2023 merupakan tahun di mana kecerdasan buatan itu hadir dan berkembang pesat usai dipopulerkan oleh OpenAI dengan chatbot, ChatGPT pada 30 November 2022 lalu.

Kini teknologi AI banyak diadopsi oleh sejumlah perusahaan, bahkan perusahaan teknologi besar, seperti Google, Microsoft, Amazon, dan sejenisnya mulai menggenjot pemakaian AI pada 2023.

Karena cukup populer, maka tak heran apabila warganet Indonesia mencari tahu penjelasan mengenai ‘Apa itu AI’.

Selain berkaitan dengan AI, warganet juga mencari kata kunci lain yang berkaitan dengan bahasa gaul.

Bahasa gaul ini kerap digunakan oleh netizen di media sosial dan memiliki makna tersendiri di setiap kata-katanya.

Kata Kunci Paling Banyak Dicari Netizen Indonesia di Google Sepanjang 2023

Google merilis sejumlah kata kunci yang paling banyak dicari orang Indonesia sepanjang 2023
Search Find View Information Data Graphic Symbol Icon

Berikut ini adalah kata kunci paling banyak dicari netizen Indonesia di Google sepanjang 2023 beserta penjelasannya.

1. Apa Arti Pick Me

Terdapat dua jenis istilah Pick Me, yakni pick me boy dan pick me girl.

Pick me boy merupakan laki-laki yang berusaha agar bisa terlihat lebih menonjol dan dipilih oleh perempuan.

Sementara itu pick me girl yang sering digunakan warganet memiliki artis seorang perempuan yang berusaha terlihat berbeda untuk menarik perhatian sejumlah pria.

Biasanya seorang pick me bisa merendahkan sesama jenisnya agar terlilhat lebih menonjol di mata orang lain.

2. Apa itu Skena

Skena adalah singkatan dari tiga kata yakni Sua, cengKerama, dan kelaNa.

Istilah ini sebenarnya sudah hadir sejak lampau, akan tetapi populer lagi di kalangan Gez Z.

Dalam bahasa gaul, skena adalah istilah gaul untuk menyebutkan sebuah kelompok anak muda yang suka nongkrong, bercengkerama, dan jalan-jalan.

Ada juga yang menyebut kalau skena diperoleh dari bahasa Inggris yakni scene yang artinya menjelaskan suatu kejadian atau fenomena.

3. Apa itu Catcalling

Definisi catcalling banyak dicari sejumlah orang lantaran fenomena ini kerap terjadi, terutama pada perempuan.

Mereka yang mengalaminya kerap membagikan pengalamannya melalui media sosial.

Catcalling merupakan perilaku pelecehan seksual secara verbal yang biasanya dilakukan pelaku dengan cara memberi siulan atau komentar tentang penampilan korban.

4. Apa itu AI

AI merupakan kecerdasan buatan seperti kepanjangannya yakni Artificial Intelligence.

Definisinya, AI adalah teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia.

Kecerdasan buatan ini memungkinkan komputer untuk belajar dari pengalaman, mengidentifikasi pola, membuat keputusan, sampai menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan cepat dan efisien.

5. Apa itu Cuaks

Kata-kata cuaks pertama kali dipopulerkan oleh komika Tretan Muslim dan Coki Pardede hingga sejumlah konten kreator menggunakan kata-kata tersebut dalam kontennya.

Dalam salah satu unggahan di akun TikTok @sastra.silalahii, terlihat beberapa orang pria berbaris secara bergantian mereka mengungkapkan pantun bernada sindiran diakhiri dengan kata cuaks.

Istilah ini tak memiliki makna khusus, akan tetapi kata kunci ini kerap digunakan sebagai akhiran kalimat sindiran di media sosial.

6. Apa itu Rumbling

Kata kunci rumbling mulai populer di telinga masyarakat yang menyaksikan serial anime Attack on Titan.

Jika menggunakan terjemahan, rumbling memiliki arti gemuruh.

Namun ada juga istilah lain yang menyebut bahwa Rumbling memiliki arti keroncongan.

Jika merujuk pada anime tersebut, kata rumbling yang populer di media sosial merupakan gemuruh sesuai dengan kisah di dalamnya yang menyerang dunia.

Rumbling di Attack on Titan adalah menyerangnya Wall Titan ke selurun dunia.

7. Inner Child itu apa

Inner Child merupakan sifat kekanak-kanakan yang dimiliki pada diri seseorang yang sudah dewasa.

Istilah ini biasanya digunakan sejumlah warganet yang mengekspresikan dirinya saat mencoba melakukan aktivitas layaknya anak-anak, seperti beli mainan, main ke tempat bermain, dan hal lainnya.

8. Apa itu ISPA

Penggunaan kata kunci ISPA kerap digunakan sejumlah netizen beberapa waktu lalu ketika kualitas udara di sebagian wilayah Indonesia menurun.

Masyarakat diminta untuk waspada dan diminta untuk tetap menjaga kesehatannya agar tak terserang ISPA. Oleh karenanya mereka mencari informasi detail mengenai apa itu ISPA.

Infeksu saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan, terutama bagian atas meliputi hidung, sinus, faring, dan laring.

9. Apa itu Hamas

Hamas merupakan organisasi politik dan militer berideologi nasionalis dengan tujuan memerdekakan Palestina dan mendirikan negara Islam di wilayah tersebut.

Kata kunci ini mulai dicari sejumlah masyarakat Indonesia usai Perang Israel-Hamas kembali terjadi pada 7 Oktober 2023 dan terus memakan korban, terutama anak-anak.

10. Apa itu IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan proyek monumental yang direncanakan menjadi pusat administrasi dan pemerintahan Indonesia.

Tujuan utama dari pembangunan ini adalah untuk mewujudkan vidi Indonesia 2045 sebagai negara maju.

Kata kunci ini mulai digunakan sejumlah warganet sejak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berencana merayakan HUT Ke-79 Republik Indonesia secara resmi di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.