TANGSELIFE.COM-Penerbangan mudik Lebaran 2023 terlihat terjadi penambahan penumpang pada  H-6 atau Senin 17 April 2022 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). 

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebutkan biasanya penumpang mudik melonjak pada H-2 dan H-1 Idul Fitri 1444 Hijriah nanti. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Angkutan Lebaran Bandara Soetta, jumlah penumpang pada H-7 Lebaran tahun ini naik 45 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Yakni penumpang yang terbang pada H-7 atau Minggu 16 April 2023 sebanyak 142.186 orang dari Lebaran 2022 yang berjumlah sebanyak 98.227 orang. 

Jumlah penerbangan juga terjadi peningkatan sebesar 20 persen. Bila pada H-7 Lebaran 2022, jumlah penerbangan tercatat 837 pesawat. Tapi Lebaran tahun ini, jumlahnya naik jadi 1.002 pesawat.

Tujuan Padang, Sumatera Barat, dan Denpasar, Bali, jadi salah satu tujuan penumpang pesawat pada Lebaran 2023 ini. 

Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura (AP) II, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan periode mudik tahun ini, Padang dan Denpasar memang jadi tujuan utama pemudik. 

Dia juga mengatakan, rupanya Padang dan Denpasar menjadi alternatif bagi masyarakat yang memanfaatkan libur Lebaran.

Jadi, katanya juga, masyarakat bukan hanya ingin mudik ke kampung halaman tapi juga ingin berlibur memanfaatkan cuti bersama Lebaran. 

“Kenapa Padang dan Denpasar? karena liburan Lebaran 2023 ini ternyata juga dimanfaatkan untuk liburan secara umum ke tempat wisata,” terangnya akhir pekan lalu. 

Dia juga mengatakan penerbangan untuk Lebaran 2023 ini didominasi oleh penerbangan domestik dengan jumlah 1.400 penerbangan. 

Selain tujuan lokal, ada juga penumpang yang ingin mudik ke luar negarai. Untuk rute internasional yang menjadi tujuan mudik adalah Singapura, Malaysia serta Hongkong. 

“Untuk rute internasionalnya yah tiga wilayah itu yakni Singapura, Kuala Lumpur dan Hongkong. Itu tujuan yang mendominasi pada saat arus mudik tahun ini,” paparnya juga. 

Karena itu, ujarnya juga, saat Lebaran 2023 ini, pihak AP II telah meminta maskapai untuk menambah penerbangan atau ekstra fligth kurang lebih sekitar 1.647 penerbangan. 

Kemudian, kata dia juga, guna mendukung kelancaran masa mudik tahun ini pihaknya juga menyiapkan  personel yang siaga selama 24 jam sebanyak 6.500 orang. 

“Untuk kelancaran penerbangan mudik Lebaran 2023 ini, tenaga inti didukung tenaga tambahan atau tenaga outsourching dan mitra kerja kami di lapangan,” paparnya juga. 

Ia menambahkan, untuk persiapan peralatan dari runway dipastikan siap beroperasi selama 24 jam  untuk lelanding pesawat di Bandara Soekarno Hatta. 

“Kini runway 3 sudah dapat dioperasikan 24 jam untuk landing pesawat. Jadi sangat membantu saat cuaca buruk dan mengurangi kepadatan take off/landing saat situasi ramai,” tandasnya.