TANGSELIFE.COM – Rencana kereta MRT Jakarta ke Tangsel masih terus diupayakan hingga sampai saat ini.

Sebelumnya trase tersambungnya kereta MRT Jakarta ke Tangsel dikabarkan akan dimulai dari Stasiun Lebak Bulus, melintasi wilayah Pondok Cabe, hingga berakhir di Rawabuntu Serpong.

Terbaru pihak MRT memberikan opsi trase baru MRT Jakarta tersambung ke Tangsel mulai dari Stasiun Lebak Bulus, melintasi wilayah Bintaro, hingga berakhir di BSD Serpong.

Dengan demikian saat ini terdapat dua opsi trase MRT Jakarta tersambung ke Tangsel.

Ada Dua Opsi Trase MRT Jakarta ke Tangsel, Lewat Bintaro atau Pondok Cabe

MRT Jakarta ke Tangsel
(Instagram.com/mrtjkt)

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, terdapat beberapa pertimbangan nantinya opsi trase mana yang akan dipilih jika MRT Jakarta ke Tangsel.

Salah satunya yaitu melihat dari hasil survei Lalu lintas Harian Rata-rata atau LHR dari wilayah yang akan dipilih.

“Siapa yang paling besar LHR-nya itu yang nanti yang akan menjadi pilihan,-apakah trase pertama ataukah trase kedua, tapi prinsipnya kami menyambut baik rencana berdiri dan beropersinya MRT diTtangerang Selatan,” kata Benyamin Davnie, Selasa, 6 Agustus 2024.

Selain itu Benyamin mengungkapkan, banyaknya lahan yang akan dibebaskan untuk menopang jalur kereta MRT juga turut menjadi pertimbangan.

Pasalnya, keperluan lahan yang harus dibebaskan akan membuat besaran anggaran yang keluarkan akan semakin membengkak.

Benyamin tak menampik, hadirnya opsi trase kedua yang banyak melintasi wilayah pengembang akan menekan besaran anggaran.

“Kalau disana ada lahan-lahan pihak ketiga maka itu tentu oleh PT MRT akan dibahas seperti apa,” ungkapnya

“Artinya tidak perlu pemerintah daerah mengeluarkan anggaran untuk pembebasan lahan, ini yang paling strategis saya kira,” tambahnya.

Kendati demikian ia memastikan dari kedua opsi tersebut belum ada yang diputuskan mana yang akan dipilih. Terlebih saat ini trase tersebut masih dalam pembahasan Fisibility Study (FS) atau studi kelayakan dari pihak PT MRT.

“Karena saya yakin dengan menggandeng PT MRT ini akan berjalan seperti apa yang kita harapkan. Trase mana prinsipnya ini masih didiskusikan,” pungkas Benyamin.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter