TANGSELIFE.COM – Dua bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah Tangerang Selatan (Tangsel) yaitu Benyamin-Pilar dan Ruhamaben-Shinta Wahyuni Chairuddin telah melampirkan visi misi nya untuk maju di Pilkada 2024.

Dalam dokumen visi misi yang diterima Tangselife.com, Rabu, 18 September 2024 kedua paslon menjabarkan tujuan dan targetnya jika terpilih memimpin Kota Tangsel selama lima tahun kedepan.

Dokumen visi misi dan program Benyamin-Pilar terangkum dalam 33 lembar halaman sedangkan visi misi dan program Rama-Shinta terangkum dalam 23 lembar halaman.

Paparan Visi Misi Benyamin-Pilar untuk Pilkada Tangsel 2024

Benyamin-Pilar
6 partai non parlemen atau yang tidak memiliki kursi di DPRD Tangsel menyerahkan dukungan untuk Benyamin-Pilar, Rabu, (28/8). Foto: Andre Pradana/Tangselife

Visi misi yang disusun Benyamin-Pilar selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 Kota Tangsel.

Dalam dokumen dicantumkan bahwa Benyamin-Pilar mengusung visi ‘Tangerang Selatan Unggul, Inklusi, Inovatif dan Kolaboratif Menuju Kota Lestari’

Pasangan petahana tersebut memiliki empat point misi diantaranya:

1. Membangun Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berdaya Saing Global

– Meningkatnya pemerataan kualitas pendidikan;
– Meningkatnya kualitas layanan dan pemerataan layanan kesehatan;
– Meningkatnya perlindungan sosial.

2. Meningkatkan Ekonomi Lokal Berbasis Inovasi dan Teknologi

– Meningkatnya produktivitas tenaga kerja;
– Berkembangnya potensi ekonomi lokal berbasis ekonomi kreatif dan daya tarik daerah berbasis riset.

3. Membangun Birokrasi yang Profesional dan Kolaboratif

– Optimalisasi reformasi birokrasi dan transformasi pelayanan publik melalui pemanfaatan TIK, riset dan inovasi daerah;
– Meningkatnya kolaborasi dalam tata kelola pemerintahan.

4. Membangun Kota Berketahanan, Terintegrasi, Inklusif dan Berkelanjutan

– Meningkatnya ketahanan pangan;
– Terpenuhinya prasarana sarana dan utilitas permukiman;
– Terpenuhinya infrastruktur pelayanan dasar dan perkotaan yang terintegrasi dan inklusif;
– Meningkatnya kualitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik sebagai sarana untuk menguatkan keterikatan sosial antar warga;
– Meningkatnya kualitas lingkungan perkotaan;
– Terkelolanya sampah secara terpadu dan ramah lingkungan;
– Meningkatnya ketahanan daerah terhadap bencana dan perubahan iklim;
– Meningkatnya ketahanan sosial dan budaya.

Paparan Visi Misi Rama-Shinta untuk Pilkada Tangsel 2024

Paslon Ruhama-Shinta

Sebagai penantang Benyamin-Pilar, pasangan Rama-Shinta telah menyusun visi misi dan program selama lima tahun jika diberikan kesempatan untuk memimpin Kota Tangsel.

Rama-Shinta mengusung visi ‘Mewujudkan Tangerang Selatan Sebagai Kota yang Maju, Modern dan Sejahtera Bagi Seluruh Masyarakat Dengan Memanfaatkan Teknologi’.

Pasangan Rama-Shinta memiliki lima misi di antaranya:

1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang profesional, transparan dan berbasis teknologi digital

Misi ini berfokus pada peningkatan kinerja pemerintahan dengan memberikan layanan yang cepat, tepat, dan mudah diakses oleh masyarakat. Dengan mengadopsi teknologi digital, seperti aplikasi layanan terpadu dan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e- government), pelayanan publik menjadi lebih efisien, transparan, dan responsif. Ini juga mencakup peningkatan kompetensi aparatur pemerintahan agar lebih profesional dalam melayani masyarakat.

2. Mengembangkan ekonomi lokal dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung UMKM, startup, dan investasi berkelanjutan

Misi ini menitikberatkan pada penguatan ekonomi lokal dengan mendorong pertumbuhan UMKM dan startup melalui teknologi. Pembangunan inkubator bisnis, akses permodalan, dan e-commerce lokal menjadi bagian dari strategi ini. Selain itu, misi ini juga melibatkan menarik investasi yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan peluang kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3. Memperkuat pembangunan infrastruktur berbasis teknologi ramah lingkungan dan berkelanjutan

Pembangunan infrastruktur yang terencana dan berkelanjutan menjadi kunci untuk mendukung aktivitas masyarakat dan ekonomi. Misi ini mencakup penerapan teknologi canggih dalam pembangunan dan pengelolaan infrastruktur seperti jalan, transportasi, dan ruang publik. Infrastruktur ini didesain tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang tetapi juga menjaga keberlanjutan lingkungan dengan konsep green city dan smart city.

4. Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan serta kesehatan melalui penerapan teknologi dan inovasi digital

Misi ini bertujuan untuk memastikan setiap warga Tangerang Selatan mendapatkan akses yang setara terhadap layanan pendidikan dan kesehatan. Dengan menggunakan teknologi seperti platform e- learning, telemedicine, dan big data, kualitas pendidikan dan kesehatan dapat ditingkatkan. Program beasiswa, pelatihan vokasi, serta pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang dilengkapi teknologi menjadi bagian dari upaya ini.

5. Mendorong keterlibatan masyarakat dalam pembangunan melalui partisipasi digital dan pemberdayaan komunitas berbasis teknologi

Misi ini berfokus pada penguatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah. Teknologi digital digunakan untuk menjembatani komunikasi antara pemerintah dan warga, sehingga aspirasi dan ide dari masyarakat dapat dengan mudah tersalurkan. Selain itu, misi ini juga mendorong pemberdayaan komunitas melalui pelatihan keterampilan digital dan dukungan terhadap inovasi lokal yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter