TANGSELIFE.COM- Uji coba lampu merah di Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi berakhir.

Pengumuman berakhirnya uji coba lampu merah di Simpang Kampung Utan itu diumumkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub.

Berakhirnya uji coba lampu merah itu diposting dalam pengumumannya di Instagram @bptjkemenhub pada Rabu, 28 Juni 2023.

uji coba lampu merah
Kondisi lalu lintas ramai lancar di Jalan WR Supratman mengarah ke Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Rabu, 28 Juni 2023 pagi.

“Terimakasih yang melintas di Simpang Kampung Utan, Tangerang Selatan, sudah tertib berlalu lintas,” cuitnya.

Meski uji coba lampu merah berakhir tapi penutupan u-turn di depan UIN Ciputat dan u-turn di depan Kompleks Rumah Dosen UI akan diperpanjang.

Perpanjangan penutupan dua putaran balik arah itu akan diberlakukan hingga Senin, 3 Juli 2023.

Semenjak uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan diberlakukan pada Sabtu, 24 Juni 2023, dua putaran balik itu ditutup dengan beton bongkar pasang.

Pantauan, meski uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan sudah berakhir tapi APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) masih tetap berlaku.

Kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar di sepanjang Jalan Ir H Juanda pada Rabu, 28 Juni 2023 sekitar pukul 08.00-12.00 WIB.

Tidak terjadi kemacetan seperti 2 hari uji coba traffic light pada Senin, 26 Juni 2023 dan Selasa, 27 Juni 2023.

Kendaraan lancar melintas persimpangan di Jalan Ir H Juanda baik dari arah Jalan WR Supratman maupun dari Jalan Kertamukti.

Begitu juga arus kendaraan lancar dari arah Tangsel menuju Jakarta dan juga sebaliknya dari arah Jakarta menuju Tangsel.

“Hari ini lalu lintas lancar karena cuti bersama menyambut Hari Raya Idul Adha,” terang Wawan, pemilik kios makanan di Jalan Kertamukti, Rabu, 28 Juni 2023.

Tapi dua hari sebelumnya, Wawan mengatakan kondisi lalu lintas kacau balau. “Macetnya tuh dari pagi sampai malam,” cetusnya.

Dia mengaku saat lalu lintas macet dampak uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan, omzet usahanya anjlok. 

“Biasanya saya ngantongin duit sehari minimal Rp300 ribu. Tapi dua hari kemarin, cuma dapat Rp150 ribu dari pagi sampai malam,” cetusnya.

Wawan juga mengatakan sebelum uji coba lampu merah lalu lintas memang macet tapi pada pagi dan sore saja.

Untuk diketahui, sebelumnya BPTJ bersama Dishub Tangsel, Polres Tangsel dan sejumlah pihak melakukan uji coba lampu merah Simpang Kampung Utan.

Tujuan uji coba itu untuk rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di Jalan Ir H Juanda yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

Kemacetan itu terutama pada rush hour atau jam sibuk pada saat pagi masuk kerja dan sore hari saat jam pulang kerja.

Usai Uji Coba Lampu Merah Dishub Tangsel Tutup Permanen Dua Putaran Balik

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tangsel Chaerudin mengatakan akan menutup permanen 2 putaran arah atau u-turn yang ada di Jalan Ir H Juanda. 

Dia mengatakan penutupan permanen dua putaran balik yang ada di depan UIN Ciputat dan depan Komplek Dosen UI.

“Hasil evaluasi, beberapa u-turn di Jalan Ir H Juanda akan kami tutup. Saat uji coba kendaraan terus mengalir jalan,” terangnya, Selasa, 27 Juni 2023.

Menurut Chaerudin juga, uji coba penutupan u-turn yang telah dilakukan selama tiga hari ini berjalan efektif.

Direncanakan penutupan itu dilakukan permanen. “Dua putaran arah akan kami tutup permanen. Setelah kami evaluasi 4 hari ini,” paparnya.

Chaerudin juga mengatakan kalau  pemasangan traffic light Simpang Kampung Utan usai uji coba selama 4 hari pada 24-27 Juni 2023 akan terus diterapkan.

“Sekarang yang kita pikirkan itu durasi lamanya lampu merah saat kendaraan jalan dan stop. Itu akan terus dievaluasi untuk mencari waktu yang tepat,” paparnya juga

Dishub Tangsel bersama BPTJ Kemenhub akan terus mengevaluasi waktu detik berhenti yang pas untuk lampu merah di Simpang Kampung Utan tersebut.