TANGSELIFE.COMMahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Tangerang (AMT) melakukan aksi unjuk rasa pada Senin, 28 Agustus 2023.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan AMT di gedung DPRD Kabupaten Tangerang itu berkenaan dengan pengusulan nama Pj Bupati Tangerang yang terkesan tertutup.

Oleh karena itu, dalam aksi unjuk rasanya AMT mempertanyakan proses pengusulan nama Pj Bupati Tangerang oleh DPRD Kabupaten Tangerang yang tidak transparan.

“Kami hanya ingin adanya transparansi dalam proses pengusulan nama Pj Bupati,” kata Koordinator lapangan (korlap) aksi unjuk rasa, Azis Patiwara, Minggu 27 Agustus 2023.

Aksi Unjuk Rasa Tuntut Transparansi Pengusulan Nama Pj Bupati

Azis Patiwara mengatakan bahwa terdapat dua surat usulan nama Pj Bupati dari DPRD Kabupaten Tangerang ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Polemik bermula ketika di tengah proses rekomendasi nama Pj Bupati Tangerang di internal DPRD Kabupaten Tangerang, mencuat surat kedua terkait rekomendasi usulan nama Pj Bupati Tangerang ke Kemendagri.

Pada surat kedua yang disusulkan ke Kemendagri, terjadi perubahan nama calon Pj Bupati Tangerang dari surat pertama.

“Jadi ada surat susulan melalui berita acara di Kemendagri tanggal 18 Agustus, padahal deadline pengiriman surat itu tanggal 9 Agustus,” ungkap Azis.

Menurut Azis, AMT mempertanyakan mekanisme pengusulan nama Pj Bupati sampai bisa dikirimkan dua surat ke Kemendagri.

Hal tersebut penting diluruskan karena proses yang tidak transparan menimbulkan kecurigaan di tengah masyarakat.

Pasalanya siapa pun yang nantinya menjadi Pj Bupati Tangerang tentu harus seorang tokoh yang amanah.

“Kami meminta anggota DPRD menjelaskan persoalan ini, jangan bungkam,” tandas Azis.

Pj Gubernur Banten Rahasiakan Calon Nama Pj Bupati Tangerang

Adapun Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, masih merahasiakan nama-nama yang diusulkannya kepada Kemendagri.

Al Muktabar mengatakan ada tiga jalur usulan Pj Bupati Tangerang, yakni usulan DPRD Kabupaten Tanggerang, Pemprov Banten, dan Pemerintah Pusat melalui Kemendagri.

“Dari tiga jalur itu semua kita serahkan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendagri atas nama Bapak Presiden sesuai dengan kewenangannya.

“Kita prinsipnya adalah menunggu karena pasti akan diberikan yang terbaik bagi Pemerintah Daerah,” kata Al Muktabar, Kamis 24 Agustus 2023.

Al mengaku tidak dapat menjamin siapa yang akan menjadi Pj Bupati Tangerang, sehingga ia memilih merahasiakan nama-nama pejabat yang diusulkan.

“Pemerintah tidak bisa menentukan bahwa nanti yang akan jadi siapa, karena ada proses ya. Karena nanti akan ada sembilan nama, karena kan setiap jalur tiga nama,” tutur Al.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife