TANGSELIFE.COM – Seorang anggota Basarnas Jayapura bernama Tri Sudarno tewas usai jatuh dari tower telekomunikasi di Gunung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua.

Tri Sudarno dilaporkan tewas ketika ingin mengevakuasi seorang pemuda berinisial TY (21) yang sedang melakukan percobaan bunuh diri pada Kamis, 14 Maret 2024 sekira pukul 10.08 WIT.

Kejadian berawal ketika tim Rescues Basarnas menerima laporan adanya warga remaja yang naik ke atas tower milik Telkomsel yang ada di kawasan Sentani Barat.

Mendapat laporan tersebut, tim Rescues Basarnas langsung mempersiapkan diri menuju lokasi.

Petugas bergegas ke lokasi percobaan bunuh diri sekitar pukul 10:15 WIT dengan membawa sejumlah peralatan vertical rescue.

Setibanya di lokasi, mereka langsung bergegas memasang sistem dan persiapan penyelamatan korban.

Laporan dari Kepala Kantor SAR Jayapura, Mlekianus Kota, petugas Basarnas melakkan evakuasi korban dari ketinggian 50 meter.

Pada awalnya, proses evakuasi berjalan lancar, namun remaja tersebut memberontak petugas di ketinggian 15 meter.

Tri Sudarno sebagai petugas yang naik ke tower tersebut pun menahan diri usai mendapat perlawanan dari TY dengan cara berpegangan di besi tower.

Perlawanan TY pun membuat mereka terjatuh bersama dari tower dari ketinggian antara 40-30 meter.

Tri Sudarno mengalami patah tulang di bahu dan tangan kanan serta cedera kepala yang fatal. Ia langsung dilarikan ke RS Yowari untuk bisa mendapatkan pertolongan.

Sayangnya, Tri Sudarno dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu TY yang hendak bunuh diri masih dirawat di rumah sakit.

Dwi Oktaviani
Editor