TANGSELIFE.COM– Hari Sumpah Pemuda 2024 jatuh pada hari Senin, 28 Oktober, merupakan salah satu hari nasional yang diperingati setiap tahunnya.

Dalam sejarah Hari Sumpah Pemuda adalah peringatan penting bagi masyarakat Indonesia yang terjadi pada 28 Oktober 1928 silam.

Pada saat itu pemuda Indonesia melakukan Kongres Pemuda Kedua yang digelar di Jakarta tanggal 27-28 Oktober.

Hasil dari Kongres Pemuda Kedua ini adalah terbentuknya ikrar kebangsaan yang menyatakan bahwa pemuda Indonesia walaupun memiliki latar belakang berbeda tapi tetap bersatu untuk tumpah darah, bangsa, dan bahasa persatuan Indonesia.

Adapun untuk tema Hari Sumpah Pemuda 2024 ini telah dirilis oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), yakni “Maju Bersama Indonesia Raya”.

Hari Sumpah Pemuda 2024 tahun ini merupakan perayaan yang ke-96.

Lantas, Apakah Hari Sumpah Pemuda 2024 Tanggal Merah?

Meskipun ini merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia, namun Hari Sumpah Pemuda bukanlah hari libur nasional.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No 316 Tahun 1959 terkait Hari Sumpah Pemuda tidak lagi menjadi hari libur nasional.

Selain itu, berdasarkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri memutuskan bahwa tidak ada tanggal merah bulan Oktober 2024 selain hari Minggu.

Maka pada Hari Sumpah Pemuda 2024 yang jatuh pada hari Senin, 28 Oktober ini bukanlah tanggal merah dan tidak ada hari libur.

Sejarah Hari Sumpah Pemuda 2024

Dalam sejarahnya, Hari Sumpah Pemuda ini berawal ketika sekitar 100 pemuda dari berbagai organisasi di Jakarta berkumpul di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) untuk mengadakan Kongres Pemuda II.

Sebelum kongres dilaksanakan, para pemuda telah mengadakan rapat pada 3 Mei dan 12 Agustus 1928.

Rapat-rapat tersebut membahas penentuan lokasi, waktu, agenda acara, biaya, dan pembentukan panitia.

Kongres ini diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) dengan tujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di kalangan pemuda.

Sebagai hasilnya, disepakati bahwa Kongres Pemuda Kedua akan diadakan pada 27-28 Oktober 1928 di tiga lokasi yang berbeda, yakni Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop, dan Indonesische Clubgebouw.

Kongres ini dihadiri oleh perwakilan seluruh pemuda dari Indonesia dan menghasilkan tiga butir sumpah yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter