TANGSELIFE.COM – Aktivitas arus balik mudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung diwarnai kericuhan pada Minggu, 14 April 2024 malam.

Kericuhan arus balik di Pelabuhan Bakauheni itu diduga terjadi akibat adanya oknum pelabuhan yang diduga memberi layanan khusus ke pengendara mobil yang baru datang.

Padahal, banyak mobil arus balik mudik yang sudah lama mengantre untuk masuk ke kapal tetapi belum juga diberikan akses naik ke dalam kapal meski sudah menunggu lama.

Suasana kericuhan arus balik di Pelabuhan Bakauheni itu direkam oleh warga. Bahkan, video tersebut diunggah ke instagram dalam akun @alvindirgantoro.

Dalam video yang diunggah itu, tampak sejumlah pemudik tengah mengungkapkan kekecewaan kepada petugas ASDP Indonesia Ferry di Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Dalam narasinya, kericuhan itu terjadi di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni pada pukul 21.00 WIB, Minggu, 14 April 2024.

Penyebabnya, lantaran oknum petugas pelabuhan lalai mengatur antrean masuk mobil menuju kapal ferry yang akan menyebrang ke Pelabuhan Merak.

“Ada petugas yang memberikan jalur khusus kepada beberapa mobil yang baru masuk dermaga, yang akhirnya menimbulkan kekacauan antrian masuk kapal,” tulisnya dalam unggahan video kericuhan itu.

Sementara petugas ASDP dalam video tersebut terlihat memakai topi dan seragam berlogo ‘ASDP’. Pria paruh baya itu berupaya menenangkan para pemudik yang tengah marah. Sesekali, petugas tersebut meminta maaf kepada para pemudik yang sedang meluapkan emosinya.

Setelah beberapa saat meladeni kekecewaan para pemudik, dua petugas ASDP kemudian pergi setelah sebelumnya dikepung oleh para pemudik. Beruntung, tak ada kekerasan dalam aksi tersebut.

Diketahui, kepadatan arus balik mudik di Pelabuhan Bakauheni masih berlanjut. Diperkirakan, puncak arus balik mudik bakal terjadi Senin, 15 April 2024.

Kini, berbagai skema telah disiapkan oleh Kementerian Perhubungan, Polri dan pihak pengelola pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry serta Bandara Soekarno-Hatta.

Intan
Editor
Intan
Reporter