TANGSELIFE.COM – Astra Infra Group berencana memberi diskon tarif tol sekitar 10 persen dari tarif normal selama Lebaran 2024.

Rinaldi selaku Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra 2024 mengungkapkan, detail pelaksanaan ini masih dalam pembahasan sehingga belum bisa dipastikan mengenai besaran diskon dan rute jalan yang akan dikenakan diskon.

Walaupun demikian, ia memberi sedikit bocoran mengenai ruas jalan yang kemungkinan akan dikenakan diskon tarif tol, seperti Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Tol Jombang-Mojokerto.

Adapun untuk besaran diskonnya sekitar 10 persen. Namun dalam pelaksanaannya akan ada perbedaan di tiap ruas karena mempertimbangkan karakteristik jumlah kendaraan harian di masing-masing ruas.

Menurut Rinaldi, perkiraan besaran diskon tersebut adalah 10 persen, mirip dengan tahun kemarin.

Ia juga belum bisa memastikan apakah periode penerapan diskon tarif tol Lebaran 2024 akan berlangsung selama 2-3 hari berturut-turut seperti tahun sebelumnya.

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) juga belum merekomendasikan tanggal-tanggal arus mudik dan balik Lebaran 2024 untuk diberlakukan diskon tarif tol.

Astra Infra Group akan memberikan detail pelaksanaan diskon tarif apabila perencanaannya telah rampung.

Di samping itu, diskon tarif tol diberikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar bisa mengurai kepadatan lalu lintas ketika arus puncak mudik dan balik Lebaran 2024.

Dengan diskon tarif yang biasanya diterapkan di luar tanggal puncak mudik, masyarakat akan melakukan perjalanan lebih cepat dari arus puncak.

Tahun lalu Astra Infra Group memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen pada ruas jalan Tol Tangerang-Merak.

Adapun periode pemberlakuan diskon tarif 20 persen ada di ruas Cikupa-Merak Tol Tangerang-Merak berlaku mulai 16 April 2023 pada pukul 06.00 WIB sampai 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Untuk periode arus balik berlaku mulai 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai 28 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Dwi Oktaviani
Editor