TANGSELIFE.COM – Kabar baik buat pecinta satwa, jumlah Badak Jawa di Indonesia kini bertambah satu.

Hal itu dipastikan setelah diketahui adanya Badak Jawa bernama Kasih yang telah melahirkan anak di Taman Nasional Ujung Kulon, (TNUK) Banten.

Kelahiran anak Badak Jawa bercula 1 ini dipastikan dari hasil pengamatan observasi di lapangan dan sejumlah aktivitas badak jawa yang terekam video pengawas.

Sebelum melahirkan, Badak Jawa bernama Kasih itu terpantau diketahui sedang hamil pada Februari 2023 lalu. 

Pertanda hamilnya Kasih dilihat dari adanya perbedaan jarak antara kaki depan dan belakang. Hal itu jadi pertanda ada hambatan langkah akibat kehamilannya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Konservasi pun menyambut baik kabar adanya anak Badak Jawa yang baru lahir itu.

Bahkan, anak Badak Jawa yang diketahui betina itu kini telah diberikan kode identitas. Tetapi belum diberi nama.

“Dengan data yang ada dimungkinkan anak badak Jawa tersebut dilahirkan pada bulan Februari 2023. Individu anak badak Jawa tersebut kemudian diberikan kode ID 092.2023,” kata Satyawan Pudyatmoko, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK.

Lahirnya anak Badak Jawa baru itu diklaim jadi salah satu keberhasilan dalam uoaya konservasi satwa langka yang hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten.

Sebelumnya, induk Badak Jawa bercula 1 bernama Kasih yang berusia 12 tahun itu telah melahirkan tiga anak, yaitu: Duba/ID 053.2013, Wira/ID 074.2015 dan Sekar/ID 086.2021. 

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter