TANGSELIFE.COM – Harga Minyakita akan alami kenaikan pada pekan depan. Hak itu dikatakan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas).

Zulhas mengatakan, bahwa pihaknya mengusulkan kenaikan HET Minyakita menjadi Rp 15.500 per liter.

Bahkan dia juga menyebutkan, tim kajian menemukan HET yang sesuai untuk Minyakita adalah sebesar Rp 16.000 per liter.

Dengan kajian itu, Zulhas mengatakan, HET Minyakita berpotensi naik ke Rp 15.700 per liter, sebagai titik tengah dari rekomendasi pemerintah.

“Mudah-mudahan minggu depan sudah jadi,” ungkapnya.

“Saya usulkan Rp 15.500, tapi tim kajian mengatakan Rp 16.000, dan setelah diambil jalan tengah Rp 15.700,” tambah Zulhas.

Untuk HET Minyakita saat ini sebesar Rp 14.000 per liter, sebagaimana diatur Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2023 tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan.

Zulhas untuk harga minyak goreng rakyat itu memang seharusnya disesuaikan. Karena salah satu penyebabnya dollar AS yang alami kenaikan.

Selain Itu, harga yang berlaku saat ini, juga dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan biaya pokok produksi.

“Karena kan disesuaikan juga, dulu Rp 14.500, sekarang sudah Rp 16.000 lebih. Nanti khawatir kalau tidak disesuaikan ekspornya jauh beda harganya,” paparnya.

Di sisi lain, naiknya harga Minyakita dari Rp 14.000 menjadi Rp 15.500 dinilai tetap akan lebih murah dari minyak goreng kemasan premium.

“Jadi, memang sudah saatnya (harga) Minyakita naik. Kalau minyak premium lebih mahal lagi (dari harga Minyakita),” pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter