TANGSELIFE.COM- Akhirnya, Pemkot Tangsel memperbaiki kerusakan Jalan Pala Raya di Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang.

Kerusakan Jalan Pala Raya kerap dikeluhkan masyarakat yang melintas di kawasan tersebut.

Keluh kesah terhadap Pemkot Tangsel pun dilontarka warga terkait kerusakan jalan yang sudah terjadi sejak setengah tahun lalu tersebut.

Seorang warga yang kerap melintasi  jalan rusak itu mengeluhkan kondisi Jalan Pala Raya di Instagram.

Kerusakan jalan yang cukup parah yang dikelola Pemkot Tangsel itu tidak jauh dari Pondok Cabe Golf, Kecamatan Pamulang.

Untuk diketahui, Jalan Pala Raya menghubungkan wilayah Cinangka, Kota Depok dengan Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel.

Warga Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangsel yang hendak ke Jakarta harus lewat jalan ini untuk melintas ke Ciputat selanjutnya ke Jakarta Selatan.

Mendengar keluhan warga itu, Pemkot Tangsel menganggarkan perbaikan kerusakan Jalan Pala Raya tahun ini.

“Perbaikan Jalan Pala Raya sedang dikerjakan,” terang Humas Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel, Kemal, Selasa, 18 Juli 2023.

Dia juga menjelaskan, kalau Pemkot Tangsel melakukan perbaikan kerusakan Jalan Pala Raya dimulai dari  depan Sekolah Harapan Bangsa.

Kemal juga mengatakan untuk proses perbaikan Jalan Pala Raya tidak akan menutup total jalan tersebut.

“Perbaikan tidak akan menutup jalan. Namun hanya menutup sebagian jalan saja. Jadi, kendaraan masih bisa lewat,” terangnya juga.

Kemal juga mengaku pihaknya akan menerapkan buka tutup (badan jalan) sebagian untuk memperlancar perbaikan jalan tersebut.

Pantauan di lokasi perbaikan jalan, Rabu, 19 Juli 2023 itu dilakukan dengan menghancurkan beton-beton di salah satu ruas jalan.

Tampak satu escavator menghancurkan beton sepanjang sekitar 50 meter di sebelah kiri jalan yang mengarah ke Ciputat.

Sedangkan satu ruas jalan lainnya dipergunakan untuk kendaraan melintas secara bergantian.

Untuk diketahui, proses perbaikan Jalan Pala Raya dilakukan dengan cara membongkar lapisan beton lama.

Selanjutnya, jalan yang betonnya dihancurkan itu akan kembali dicor. Terakhir, jalan yang sudah dibeton itu akan ditutup dengan aspal.

Panjang Jalan Pala Raya sekitar 1 kilometer (km) tapi bagian jalan yang bakal dibeton dan diaspal ulang tidak seluruhnya.

Tapi hanya lokasi-lokasi tertentu yang rusak saja yang diperbaiki dengan cara dibeton dan diaspal ulang.

Diperkirakan jalan rusak di Jalan Pala Raya yang akan diperbaiki sepajang 150 meter dan akan selesai dalam waktu tiga bulan lamanya.

“Perbaikan sejumlah titik jalan rusak di Jalan Pala Raya ini akan memakan waktu 3 bulan. Kira-kira selesai awal bulan Oktober 2023,” terangnya lagi.

Kemal juga mengatakan selain perbaikan Jalan Pala Raya yang rusak, Pemkot Tangsel juga akan mengalokasikan pembangunan drainase di jalan tersebut.

“Biar jalan tidak tergenang air saat hujan, tahun berikutnya kami lakukan pembangunan drainase,” tandasnya.

Pemkot Tangsel Perbaiki Jalan Pala Raya, Pengatur Lalu Lintas Dadakan Bermunculan

Pantauan di lokasi perbaikan Jalan Pala Raya, nampak sejumlah warga menjadi petugas parkir dadakan mengatur agar kendaraan melintas bergantian.

“Kami hanya membantu memperlancar arus lalu lintas kendaraan. Kalau dua kendaraan berbarengan jalan gak muat,” terang Tarkim, seorang warga.

Dia juga mengaku tidak menampik meminta keikhlasan pengendara mobil untuk memberikan uang receh.

“Kalau ada pengendara mobil atau motor yang ngasih kami terima, kalau tidak yah gak apa-apa. Ini demi kelancaran perbaikan jalan,” terangnya juga.