TANGSELIFE.COM- Kecelakaan lalu lintas antara KA Brantas vs truk terjadi di perlintasan sebidang di Jalan Madukoro Raya, Semarang, Jawa Tengah.

Kecelakan yang melibatkan Kereta Api (KA) 121 Brantas tujuan Pasar Senin-Blitar dengan truk tronton itu terjadi Selasa, 18 Juli 2023 malam.

Dalam peristiwa tabrakan KA Brantas vs truk tronton  di lokasi JPL 6 Km1+523 pukul 19.30 WIB itu menimbulkan ledakan keras dan munculnya kobaran api cukup besar.

KA Brantas vs Truk
Api membumbung tinggi dalam rekaman video viral tabrakan KA Brantas vs truk di Semarang, Jawa Tengah.

Kebakaran itu terjadi pada lokomotif KA Brantas. Peristiwa tabrakan kereta dengan truk tronton itu terekam video dan viral di media sosial.

Video yang diambil seorang warga itu terekam detik-detik KA Brantas menabrak dengan kencang sebuah truk yang berhenti di tengah rel.

Akibat tabrakan KA Brantas vs truk itu, membuat tronton yang itu terseret sejauh 50 meter dari lokasi awal tabrakan.

Tabrakan pada malam hari itu berdampak terganggunya perjalanan kereta api dari arah Semarang ke Jakarta dan sebaliknya.

Menurut informasi, sebelum tabrakan KA Brantas vs truk, tiba-tiba tronton yang tengah melintas mendadak berhenti di tengah perlintasan rel kereta tersebut.

Rupanya truk itu mogok. Pengemudi truk tronton dan keneknya berusaha meminta tolong kepada penjaga perlintasan kereta agar menghentikan laju kereta.

Tapi tidak sempat, karena kereta sudah keburu mendekat dan langsung menghajar truk yang melintang di tengah jalur kereta tersebut.

Satu orang jadi korban kecelakaan KA Brantas vs truk di perlintasan Jalan Madukoro Raya, Semarang itu sudah dilarikan ke rumah sakit.

Penumpang itu melompat keluar dari kereta sesaat kereta Brantas 121 masih berjalan dan sebelum menabrak truk tronton.

Sementara itu, masinis dan asisten masinis KA Brantas 121 mengalami syok akibat peristiwa tersebut.

“Untuk masinis dan asisten masinis KA Brantas sudah dicek kesehatannya,” terang Humas PT KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko, Rabu (19/7/2023).

Ixfan juga mengatakan kalau keduanya dinyatakan secara fisik dan tidak terjadi luka namun secara psikologis keduanya harus istirahat.

“Mungkin baru besok, Kamis, 20 Juli 2023 masinis dan asisten masinis dimintai keterangannya dalam kasus kecelakaan ini,” katanya juga.

Penyebab Kecelakaan KA Brantas vs Truk Tronton Diselidiki Polisi

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang Kombespol Irwan Anwar mengatakan kalau kecelakaan terjadi tatkala truk tronton tiba-tiba terhenti di tengah perlintasan kereta. 

Dia juga mengatakan truk mogok itu terjadi sebelum palang tertutup dan sesaat lagi kereta KA Brantas melintas.

“Informasi awal, tiba-tiba truk mogok di atas rel sesaat lagi KA Brantas hendak melintas,” terangnya, Selasa, 18 Juli 2023.

Terkait munculnya kobaran api akibat kecelakaan KA Brantas vs truk itu masih belum diketahui karena tengah  diselidiki.

“Untuk asal usul api, masih didalami. Kami juga masih mencari tahu penyebab kebakarannya,” terang Irwan Anwar juga.

Perwira menengah Polri itu juga mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan KA Brantas vs truk tronton tersebut.

“Ada korban luka satu orang. Tapi karena melompat sebelum KA Brantas 112 menabrak truk tronton,” tandasnya juga.

Dalam kasus kecelakaan kereta dengan truk tronton itu, Polda Jawa Tengah telah menurunkan Tim Traffic Accident Analysis (TAA).

“Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti tabrakan KA Brantas dan truk. Untuk menganalisa kecelakaan itu,” terang Irwan Anwar lagi.