TANGSELIFE.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengaku telah mengangkut 500 ton sampah selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

500 ton sampah yang diangkut merupakan sampah yang selama momentum libur lebaran sempat menumpuk di beberapa ruas jalan yang ada di Kota Tangsel.

Kepala Bidang Persampahan DLH, Tubagus Apriliandhi mengatakan, 500 ton sampah diangkut oleh para petugas DLH dan dibuang ke beberapa tempat penampungan.

Tangsel sendiri memiliki beberapa tempat penampungan sampah yaitu di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang berada di Kecamatan Serpong dan pengolahan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) yang berada di wilayah Kecamatan Pondok Aren.

“Sampah-sampah rumah tangga terjadi peningkatan selama libur lebaran,” kata Tubagus, Rabu, 17 April 2024.

Ia tak menampik bahwa selama momentum lebaran 2024 ini sampah di Kota bermotto Cerdas, Modern dan Religius ini mengalami peningkatan.

Jika biasanya Tangsel memproduksi sampah sebanyak 400 hingga 500 ton perhari, pada momentum lebaran ini sampah menambah hingga 10 persen dari situasi normal.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan dari sampah.

Terutama kepedulian masyarakat dalam melakukan pilah sampah dari rumah sehingga tidak terjadi penumpukan di area layanan publik.

“Penumpukan sampah sudah pasti karena banyaknya produksi sampah rumah tangga pasca lebaran,” pungkasnya.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter