TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) hingga kini masih terus berupaya menjalin kerjasama pembuangan sampah dengan wilayah lain.

Pasalnya kerjasama pembuangan sampah antara Kota Tangsel dengan Kota Serang akan habis dalam waktu dekat.

Di sisi lain, Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Cipeucang sebagai lokasi penampungan sampah se-Kota Tangsel yang berada di wilayah Kecamatan Serpong diprakirakan hanya mampu bertahan hingga bulan Mei 2024 mendatang.

“Sementara saya masih fokus dengan kota Serang. Memang betul ada titiknya (batas kapasitas, red) TPA Cipeucang itu,” kata Benyamin Davnie sesuai menghadiri acara di wilayah Kecamatan Serpong, Selasa, 27 Februari 2024.

Benyamin berharap kerjasama pembuangan sampah dengan wilayah lain dapat segera terealisasi dalam waktu dekat.

Terlebih, sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri sehingga produksi sampah rumah tangga diprediksi akan jauh lebih meningkat dari hari-hari biasanya.

Orang nomor satu di Kota Tangsel itu mengungkapkan, pembahasan kerjasama telah ia lakukan dengan kabupaten dan kota di sekitar wilayah Tangsel seperti Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang, kabupaten Lebak, dan pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Saya harapkan April nanti begitu dengan kota Serang habis masa kontraknya, kita belum tau diperpanjang atau tidak, saya sudah ada solusi yang lain,” ungkapnya.

Benyamin menyebut, diantara beberapa wilayah yang telah dijalin komunikasi, ia tak menampik bahwa ada beberapa wilayah yang nampaknya kerjasama pembuangan sampah akan terealisasi.

Hal itu juga dilihat dari kondisi lingkungan sekitar pembuangan sampah di wilayah tersebut yang dinilai cukup mendukung.

“Yang paling memungkinkan kabupaten Lebak dengan Pandeglang, terus kita jajaki dari sisi harganya, dari sisi jarak tempuh dan kondusifitas masyarakatnya,” pungkas Benyamin.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter