TANGSELIFE.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait dugaan gratifikasi jet pribadi yang diterima Kaesang Pangarep.

Sebagaimana ramai diberitakan, putra bungsu Jokowi diduga menerima gratifikasi berupa layanan jet pribadi dari pengusaha asal Singapura, Gang Ye.

Dugaan tersebut muncul usai istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah foto dalam pesawat diduga jet pribadi Gulfstream G650E ketika bertandang ke Amerika Serikat (AS) akhir Agustus 2024 lalu.

Unggahan Erina Gudono seketika viral dan menuai komentar negatif warganet di sosial media, hingga berujung muncul dugaan gratifikasi yang diterima Kaesang.

Merespons dugaan gratifikasi yang menyeret nama putra bungsunya, Jokowi buka suara.

Sayangnya, tanggapan Jokowi terkait dugaan gratifikasi jet pribadi untuk Kaesang tidak disampaikannya secara lugas.

Jokowi hanya mengatakan bahwa setiap warga negara memiliki kesamaan di mata hukum.

“Ya, semua warga negara sama di mata hukum ya, itu aja,” kata Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Selasa, 11 September 2024.

Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Gibran Rakabuming: Gak Ada

Kakak Kaesang, Gibran Rakabuming, turut terseret dalam dugaan gratifikasi jet pribadi yang diterima sang adik.

Sebab, dugaan gratifikasi tersebut berkaitan dengan perjanjian kerja sama dengan Shopee yang pernah diteken Gibran saat masih Wali Kota Solo.

“Nggak ada kayak gitu, ngawur,” ucap Gibran pada Selasa, 10 September 2024.

Menurut Gibran, kerja sama yang melibatkan Pemerintah Kota Surakarta dan Solo Technopark bersama Shopee bersifat profesional.

“MOU-nya (nota kesepakatan) profesional antara Pemkot Surakarta, Technopark, dan Shopee. Nggak ada yang kayak gitu, kami profesional ya,” klaim Gibran.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Reporter