TANGSELIFE.COM– Mengulik rumah pensiun Jokowi di Karanganyar, Jawa Tengah.

Menjelang masa pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024, Presiden Jokowi kini telah mengajukan permohonan pindah ke Solo, Jawa Tengah.

Sejak bulan September 2024 lalu, presiden dua periode ini telah mengajukan permohonan pindah domisili bersamaan dengan masa pensiunnya sebagai kepala negara.

Berdasarkan pernyataan dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikono, kini rumah pensiun Jokowi masih dalam tahap pembangunan.

Meski belum bisa ditempatkan karena masih dalam tahap pembangunan, namun presiden Joko Widodo telah mulai mengemas barang-barang pribadinya dari Istana Kepresidenan Jakarta.

Rumah pensiun yang menjadi hadiah dari negara ini berdiri di lahan seluas 12.000 meter persegi dan pembangunan telah dilakukan sejak Juli 2024 lalu.

Lokasi Rumah Pensiun Jokowi

Lokasi rumah pensiun Jokowi terletak di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah RT 04, RW 02, Dusun Serangan, Desa Blulukan.

Adapun Kabupaten Karangayar ini merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berlokasi di kaki Gunung Lawu.

Untuk lokasi rumah pensiun Jokowi di Karangayar ini strategis, sebab berada dekat dengan Bandara Adi Sumarno, hanya berjarak 5,4 kilometer atau sekiatar 13 menit saja.

Kabupaten Karangayar sendiri berbatasan langusng dengan Kota Surakarta (Solo) dan Kabupaten Boyolali di bagian barat.

Sementara, untuk bagian timur berbatasang dengan Kabupaten Magetan (Jawa Timur), dan sebelah utara dengan Kabupaten Sragen, serta bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo.

Profil Rumah Pensiun Jokowi di Karanganyar

Sebagai informasi, Jokowi sendiri telah beberapa kali mengungkapkan keinginannya untuk menghabiskan masa pensiun di kota kelahirannya, yakni Solo.

Pasalnya, Solo menjadi kota tempat ia dilahirkan sekaligus tempat dirinya menjalankan bisnis mebel hingga pernah menjabat sebagai wali kota di kota tersebut.

Maka dari itu, Jokowi memilih lokasi rumah pensiun dari negara untuk dibangun di Karanganyar, wilayah yang berbatasan langsung dengan Solo.

Pembangunan rumah tersebut sudah dimulai sejak awal Juli dan ditargetkan selesai pada 2025.

Proyek pembangunan rumah tersebut digarap oleh PT Tunas Jaya Sanur sebagai kontraktor pembangunan.

Rumah pensiun Jokowi ini berdiri di lahan seluas 1,2 hektar persegi dengan tafsiran harga tanah per meternya Rp10 juta.

Diperkirakan rumah Jokowi di Karanganyar ini akan dibuat bertingkat, terlihat dari struktur fondasinya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter