TANGSELIFE.COM– Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB Tangsel 2023 tingkat SMP negeri akan dibuka pada Jumat, 16 Juni 2023.

Pendaftaran PPDB jenjang SMP negeri tahun pelajaran 2023-2024 itu akan dilakukan secara online.

Adapun pendaftaran siswa untuk 24 sekolah SMP negeri itu melalui situs PPDB Tangsel di https://ppdbsmpn.tangerangselatankota.go.id/petunjuk/daftar.

PPDB Tangsel 2023

Para orang tua siswa dapat mendaftarkan anaknya pada 24 SMP negeri yang ada di seluruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tersebut.

Untuk tahun ini, terdapat sebanyak 23.965 lulusan sekolah dasar (SD) dari 413 sekolah dasar baik negeri dan swasta di Kota Tangsel yang akan masuk SMP.

Karena kuota yang terbatas maka tidak semua siswa SD itu bakal diterima di SMP negeri. Diperkirakan kurang dari setengah siswa bakal diterima di SMP negeri.

Tapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel meminta warga agar tidak perlu risau soal kebijakan zonasi sekolah SMP negeri.

Pasalnya, Pemkot Tangsel telah menyediakan alokasi beasiswa bagi 5.000 siswa untuk bisa masuk ke SMP swasta.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan kebijakan zonasi memang membuat banyak orang tua khawatir anaknya tidak diterima di SMP negeri.

Pasalnya, banyak orang tua yang tinggal dekat dengan SMP negeri tapi anaknya tidak diterima dan berbagai macam keluhan masyarakat terkait PPDB tersebut.

Tapi pada satu sisi, penerapan sistem zonas adalah kebijakan pemerintah pusat yang harus dilaksanakan di suatu daerah.

Karena itu, Benyamin mengatakan untuk para orang tua yang anaknya tidak masuk sekolah negeri, Pemkot Tangsel akan memberikan solusi.

“Jadi bagi siswa yang tidak lolos mendaftar di sekolah negeri bisa mendaftar di sekolah swasta. Nanti pemerintah yang memberikan beasiswa,” terangnya. 

Benyamin juga mengatakan kalau beasiswa untuk SMP swasta tinggal mengajukan  ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel.

“Beasiswa ini dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendorong SDM masyarakat Kota Tangsel,” ucap Benyamin juga.

Jadi, kata Benyamin lagi, Pemkot Tangsel sudah tidak berpikir semua anak harus bersekolah di sekolah negeri.

“Kami meluncurkan beasiswa. Nanti kami yang akan membayar siswa SMP bersekolah di sekolah swasta,” cetus Benyamin juga.

Benyamin juga mengatakan tidak mungkin mengatasi zonasi dengan membangun SMP negeri baru di Kota Tangsel.

“Rasanya sangat sulit bagi Pemkot Tangsel membangun SMP negeri baru. Sebab selain lahannya sempit dan harga tanahnya sangat tinggi,” paparnya juga.

Jadi cara satu-satunya yang terbaik adalah memberikan beasiswa bagi siswa lulusasn SD yang sekolah di SMP swasta.

“Pemberian beasiswa untuk siswa yang sekolah di SMP swasta itu menjadi hal yang sangat tepat,” tandas Benyamin lagi.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Deden Deni membenarkan kalau untuk tahun 2023 ini ada program beasiswa untuk 5.000 siswa.

Beasiswa itu disediaka bagi lulusan SD yang tidak bisa masuk ke SMP negeri tapi bersekolah di SMP swasta di Kota Tangsel.

“Jadi masyarakat jangan lagi punya paradigma sekolah ke SMP negeri. Untuk SMP swasta pun kita punya bantuan punya program,” terang Deden.

“Terkait alasannya biaya, ada bantuan biaya dari Pemkot Tangsel. Kalau alasannya kualitas, sekolah swasta juga tidak terlalu berbeda dengan negeri,” ujarnya juga.

Deden juga mengaku jumlah SMP negeri di Kota Tangsel belum dapat menampung seluruh lulusan SD.

“Memang timpang antara kebutuhan SMP negeri dan kapasitas penerimaan. Masyarakat memaksakan anaknya ke sekolah negeri karena tidak berbayar dan gratis,” cetusnya. 

Jadwal PPDB Tangsel 2023 untuk SMP Negeri 

  1. Sosialisasi: 17 Mei-9 Juni 2023.
  2. Uji coba aplikasi: 2 dan 9 Juni 2023.
  3. Pra pendaftaran untuk pendaftar dengan alamat luar Tangsel dan/atau alamat Tangsel tapi sekolah luar Tangsel: 15 Juni-10 Juli 2023.
  4. Pendaftaran PPDB tahap 1 untuk jalur zonasi, afirmasi, disabilitas, pindah tugas orang tua/wali dan anak guru, prestasi nonakademik, dan prestasi bersertifikat (tahfidz): 16, 19, 20, 21 Juni 2023.
  5. Pengiriman berkas PPDB tahap 1 setiap jalur kecuali zonasi: 16, 19, 20, 21 Juni 2023.
  6. Verifikasi berkas zonasi, afirmasi, disabilitas, pindah tugas, dan anak guru: 16, 19, 20, 21 Juni 2023.
  7. Verifikasi berkas prestasi nonakademik dan prestasi bersertifikat: 16, 19, 20, 21 Juni 2023.
  8. Pendaftaran tahap 1 jalur zonasi, afirmasi, disabilitas, prestasi lomba, prestasi bersertifikat, pindah tugas orang tua dan anak guru, termasuk jalur prestasi akademik yang beralamat di luar Tangsel: 15 Juni-10 Juli 2023.
  9. Pendaftaran tahap 1 jalur zonasi, afirmasi, disabilitas, prestasi hasil lomba, prestasi bersertifikat, pindah tugas orang tua dan anak guru, termasuk prestasi non akademik yang beralamat di luar Tangsel: 15 Juni-10 Juli 2023.
  10. Penentuan klik jarak bagi pendaftar jalur zonasi: 16, 19, 20, 21 Juni 2023.
  11. Pengumuman seleksi jalur zonasi, pindah tugas orang tua dan anak guru, prestasi non akademik, dan prestasi bersertifikat: 27 Juni 2023.
  12. Pendaftaran tahap 2 jalur prestasi akademik nilai rapor: 5, 6, 7, 10 Juli 2023.
  13. Pengumuman seleksi jalur prestasi akademik nilai rapor: 13 Juli 2023.
  14. Daftar ulang seluruh jalur: 14 Juli 2023.

Syarat PPDB Tangsel 2023 untuk SMP Negeri

  1. Lulus SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI)/sederajat
  2. Mempunyai ijazah atau surat keterangan hasil belajar SD/MI/paket A/sederajat atau surat keterangan kelulusan.
  3. Usia maksimal 15 tahun per 16 Juni 2023 saat mendaftar SMP negeri
  4. Melampirkan Akta Kelahiran
  5. Melampirkan Kartu Keluarga (KK)
  6. Melampirkan Kartu Identitas Anak (KIA) apabila ada
  7. Peserta jalur afirmasi dari keluarga kurang mampu, mempunyai bukti keikutsertaan orang tua/peserta didik dalam penanganan keluarga kurang mampu dari pemerintah atau pemerintah daerah (pemda).
  8. Peserta jalur pindah tugas orang tua/wali melampirkan bukti surat penugasan dari instansi yang mempekerjakan dan berbadan hukum maksimal 1 tahun sebelum PPDB.
  9. Peserta jalur anak guru melampirkan bukti surat penugasan atau surat keputusan mengajar dari kepala sekolah tempat mengajar.
  10. Peserta jalur prestasi nonakademik mempunyai bukti prestasi dan sertifikat dalam bidang olah raga.
  11. Peserta jalur prestasi akademik melampirkan nilai rapor kelas 4 semester 1 dan 2, kelas 5 semester 1 dan 5, juga kelas 6 semester 1.
  12. Peserta jalur prestasi akademik luar daerah melampirkan nilai rapor kelas 4 semester 1 dan 2, kelas 5 semester 1 dan 2, dan kelas 6 semester 1 yang dilegalisir kepala sekolah asal.
  13. Demikian sekilas informasi mengenai PPDB Tangsel 2023 untuk jenjang SMP negeri untuk para siswa dan orang tua yang anaknya masuk SMP tahun ini.