TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar giat penyekatan kendaraan truk yang kedapatan beroperasi di luar jam operasional.

Penindakan dilakukan dalam giat penyekatan yang digelar jajaran Dishub Tangsel di beberapa ruas jalan di antaranya simpang taman tekno, Unpam, dan exit tol Rawa Buntu.

Kepala Seksie Pengendalian dan Pengawasan Lalu Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Tangsel, Urip Supriyatna mengatakan, dalam giat penyekatan hari ini,19 Juni 2024 terdapat tiga truk yang dipaksa untuk memutar balik.

“Khusus untuk hari ini ada tiga kendaraan dengan beban diatas 8 ton yang kita himbau suruh balik kanan karena belum jam masuk,” kata Urip kepada Tangselife.com, Rabu, 19 Juni 2024.

Operasi Giat Penyekatan Kendaraan Truk yang Melanggar Jam Operasional di Tangsel Telah Dilakukan Selama Dua Pekan

Urip mengungkapkan, giat penyekatan kendaraan truk sendiri telah dilakukan oleh pihaknya selama dua minggu belakangan.

Dari hasil giat tersebut sebanyak 17 kendaraan berhasil dipaksa memutar balik untuk tidak memasuki wilayah Tangsel pada jam yang telah ditentukan.

“Penyekatan mobil-mobil dengan beban diatas 8 ton sesuai dengan Perwal 58 tahun 2019, kita telah laksanakan dilarang masik pada jam-jam yang telah ditentukan,” terangnya.

Dalam giat tersebut pihaknya juga sekaligus melakukan sosialisasi kepada para pengendara truk terkait jam operasional kendaraan berat di wilayah Kota Tangsel.

“Sudah kita pasang rambu-rambu himbauan dilarang masuk dan perboden. Di rambu itu sudah tertera jam masuk larangan dari 05.00 WIB sampai 22.00 WIB,” tambahnya.

Urip mengungkapkan, dalam giat tersebut pihaknya hanya memaksa kendaraan truk yang kedapatan mencoba masuk wilayah Tangsel pada jam operasional yang telah ditentukan.

Pasalnya penindakan berupa penilangan kendaraan hanya bisa dilakukan instansi kepolisian.

“Kalau untuk sanksi sesuai Perwal yang berwenang itu instansi Kepolisian, Dishub tidak berhak untuk penilangan. Kita menghimbau saja dan melakukan penyekatan,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter