TANGSELIFE.COM – Untuk Ibadah Haji 2024, Kementerian Agama (Kemenag) RI kembali mengingatkan bagi para calon jamaah haji, untuk tetap menjaga kondisi kesehatan.

Terutama dengan mengatur diri untuk minum agar terhindar dari dehidrasi yang diakibatkan cuaca panas di Arab Saudi.

Hal ini terus diingatkan, agar ibadah haji 2024 berjalan lancar, terlebih kini ada fenomena gelombang panas yang menerpa sejumlah negara Asia.

Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie, mengatakan, dalam menghadapi cuaca panas tahun ini tidak jauh berbeda dengan ibadah haji tahun sebelumnya.

Dimana para jamaah mempersiapkan ice pack dan penyemprot air praktis yang bisa digunakan salah satunya untuk membasahi kulit.

Para jamaah juga meminta agar rutin meminum air, meskipun dalam keadaan haus tak haus agar tidak dehidrasi.

“Di sana nanti, selalu tetap minum air meskipun tidak haus, agar tetap terjaga kondisinya, dan tidak dehidrasi saat melaksanakan ibadah,” ujar Anna, Senin, 6 Mei 2024.

Lanjutnya, imbauan untuk meminum air itu juga diajarkan ke para calon jemaah sebelum mereka menuju ke Tanah Suci.

Keberangkatan Ibadah Haji 2024

Jemaah haji reguler akan mulai berangkat ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024.

Sementara untuk jemaah haji khusus akan mulai terbang ke Tanah Suci pada 23 Mei 2024.

Anna mengatakan kuota haji Indonesia tahun ini sudah terpenuhi untuk keberangkatan ibadah tahun ini.

Visa kuota haji Indonesia terbagi dua, yakni haji reguler yang diselenggarakan pemerintah dan haji khusus yang diselenggarakan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Kuota haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000 jemaah.

Indonesia juga mendapat 20.000 tambahan kuota. Sehingga, total kuota haji Indonesia pada operasional 1445 H/2024 M adalah 241.000 jemaah, terdiri atas 213.320 kuota jemaah haji reguler dan 27.680 kuota jemaah haji khusus.

Sopiyan
Editor