TANGSELIFE.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), basuki Hadimuljono mengungkap alasan terlambatnya operasional Bandara IKN.

Rencana sebelumnya, bandara IKN akan digunakan saat kegiatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Menurutnya, keterlambatan ini terjadi karena diperlukannya pemadatan dalam proses pembangunan bandara tersebut.

Basuki menyampaikan, pemerintah hanya mampu membangun landasan pacu sepanjang 1.900 meter sampai 14 Agustus 2024 mendatang.

Dengan demikian, bandara tersebut belum bisa melayani pesawat komersial karena minimal panjang landasan pacu adalah 2.200 meter.

Salah satu faktor yang membuat pembangunan bandara IKN terhambat adalah cuaca. Pihak mereka berupaya melakukan pengendalian dengan Teknologi Modifikasi Cuaca selama 24 jam.

Alternatif Jika Bandara IKN Belum Beroperasi saat 17 Agustus 2024

Basuki memastikan Bandara VVIP IKN bisa melayani pendaratan helikopter pada 14 Agustus 2024.

Namun, mayoritas peserta Upacara Kemerdekaan RI ke-79 itu harus mendarat di Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan sebelum melalui akses darat.

Ada dua akses darat menuju IKN, yakni jalan tol dan jalan nasional. Secara rinci, peserta upacara harus melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan keluar di Kilometer 11 sebelum masuk ke jalan provinsi dan menggunakan Tol Akses IKN sepanjang 88 kilometer.

Alternatif kedua adalah keluar di kilometer 38 Tol Balikpapan-Samarinda dan menggunakan Jalan Nasional Samboja.

Basuki sendiri memperkirakan waktu tempuh melalui jalan tol sekitar 90 menit, sedangkan jalan nasional memakan waktu sekitar 150 menit.

Danis H. Sumadilaga selaku Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara mengungkapkan, akses jalan tol dari Balikpapan ke Nusantara akan beroperasi secara fungsional menghadapi Upacara Hari Kemerdekaan di IKN.

Menurutnya, Tol Balikpapan-Nusantara yang bisa digunakan pada Agustus 2024 adalah seksi 3A, 3B, dan 5A.

Tol Balikpapan-Nusantara hanya beroperasi untuk satu lajur dengan total tiga lajur.

Danis mencatat, Tol Balikpapan-Nusantara bisa memangkas waktu tempuh ke Nusantara dari 2,5 jam menjadi 70 menit.

Bandara IKN Dibangun Sejak 2023

Pembangunan Bandara IKN mulai dilakukan sejak 1 November 2023 yang ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Secara umum, luas seluruh area Bandara IKN adalah 347 hektar dengan runway sepanjang 3.000 dan lebar 45 meter serta luas terminal VVIP dan VIP sebesar 7.352 meter persegi.

Pembangunan bandara ini dikerjakan oleh dua kementerian, yakni Kementerian Perhubungan yang mengerjakan fasilitas sisi darat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang mengerjakan fasilitas sisi udara.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter