TANGSELIFE.COM – Sebanyak 393 calon jemaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang masuk dalam kloter 13 resmi diberangkatkan hari ini, Kamis, 16 Mei 2024.

Mereka berangkat dari Islamic Center Baiturahmi Serpong sekira pukul 05.53 WIB dan dijadwalkan tiba di Asrama Haji Embarkasih Pondok Gede pada pukul 07.00 WIB.

Keberangkatan calon jemaah haji dilepas langsung oleh Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie.

Benyamin mengatakan, seluruh calon jemaah haji asal Tangsel yang berangkat pada hari ini dipastikan telah melalui serangkaian pengecekan kesehatan.

keberangkatan 393 calon jemaah haji asal Tangsel

Berdasarkan catatan Kemenag Tangsel, calon jemaah haji tertua berusia 88 tahun sedangkan yang termuda berusia 19 tahun.

“Dari pemeriksaan terakhir, semua dalam kondisi sehat dan sangat baik, nanti akan ada pengecekan kesehatan lagi di Asrama Pondok Gede itu sendiri,” kata Benyamin.

Para calon jemaah haji asal Tangsel yang berangkat hari ini tercatat telah melakukan pendaftaran sejak tahun 2012 lalu.

“Rata-rata ini pendaftaran tahun 2011 dan 2012, jadi kurang lebih 12 tahun yang lalu mereka menanti keberangkatan. Oleh karena itu momen ini menjadi sangat penting bagi mereka,” ujarnya.

Benyamin berharap para calon jemaah haji asal Tangsel dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci.

“Yang dicari bukan gelar hajinya, tapi yang dicari rida Allah dalam proses ibadah haji ini, oleh karena itu dengan pembekalan yang sudah dilakukan dengan modal kesehatan dan petugas yang kami siapkan, mudah-mudahan proses itu bisa didapatkan oleh jemaah haji dan mereka menjadi jemaah yang mabrur,” pungkasnya.

keberangkatan 393 calon jemaah haji asal Tangsel

Berdasarkan data yang diterima Tangselife.com, calon jemaah haji asal Tangsel yang masuk dalam kloter 13 dijadwakan berangkat menggunakan maskapai Garuda pada tanggal 17 Mei 2024 pukul 00.00 WIB dan diprakirakan tiba di Madinah Arab Saudi pada pukul 06.00 WIB pada 17 Mei 2024.

Rombongan jemaah haji akan didampingi oleh beberapa petugas kloter yang terdiri dari 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), 3 orang Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), 3 orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU), serta 3 orang Petugas Haji Daerah (PHD).

Rombongan dalam kloter 13 dijadwalkan pulang dari kota Jeddah pada tanggal 27 Juni 2024 pukul 08.50 waktu setempat menggunakan maskapai Garuda dan diprakirakan tiba di Indonesia pada pukul 23.20 WIB 27 Juni 2024.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter