TANGSELIFE.COM – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi penyebab pesawat jatuh di BSD pada Minggu, 19 Mei 2024.

Soal pesawat jatuh di BSD itu, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya bakal melakukan investigasi mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut.

Dia mengaku, pihaknya sudah mencatat betul bagian puing yang jatuh hingga posisi pesawat tersebut jatuh dan hancur.

“Kita catat semua posisi-posisinya. Itu nanti dari posisi jatuhnya mencoba bagaimana sih sikap pesawat ketika terakhir-terakhir sebelum menabrak pohon,” kata Soerjanto usai evakuasi pesawat.

Soerjanto menerangkan, pihaknya membawa puing body pesawat yang ringsek itu ke landasan udara Pondok Cabe.

Dia menyebut, pihaknya akan mempelajari dari bangkai pesawat jatuh di BSD itu untuk menggambarkan secara jelas kronologis kejadian

Selain pada bagian pesawat yang ada, KNKT juga bakal memeriksa percakapan di menara pengawas yang menjadi salah satu kunci mengungkap penyebab kecelakaan.

“Percakapan dengan menara pengawas, itu nanti kita dengerin apa yang menjadi percakapannya,” terang Soerjanto.

Pria berkacamata itu juga mengungkap, salah satu bagian yang utuh adalah roda pesawat. Pasalnya, tiga roda pesawat itu utuh dalam kondisi berada di dalam body pesawat.

“Diperkirakan itu memang ban masih dalam kondisi masuk. Saya enggak tahu alasannya apa, tapi datanya ban memang ada di dalam belum dikeluarkan,” jelasnya.