TANGSELIFE.COMBalon isi tinja kiriman Korea Utara (Korut) mendarat di landasan dekat Terminal 2 Penumpang Bandara Incheon, Korea Selatan (Korsel) pada hari ini, 26 Juli 2024.

Akibatnya, aktivitas lepas landas dan pendaratan pesawat di Bandara Incheon sempat dihentikan sementara selama tiga jam.

Adapun balon yang diterbangkan dari Korea Utara ini selain berisi tinja, ada juga barang karakter Hello Kity hingga pakaian usang.

Menurut juru bicara Bandara Icheon, kiriman balon isi tinja dari Korut ini menyebabkan tiga landasan pacu di bandara harus ditutup sejak pukul 01.46- 04.44 dini hari waktu setempat.

Beberapa penerbangan kargo dan penerbangan penumpang pun harus dialihkan sementara ke Bandara Cheongju serta Bandara Jeju di Korea Selatan.

Tak hanya itu, sejumlah keberangkatan dan pendaratan dari atau menuju Bandara Incheon juga sempat ditunda selama beberpa jam.

Penerbangan Bandara Incheon Ditutup Sementara Akibat Balon Isi Tinja Kiriman Korea Utara

Korut Kirim Balon isi tinja
Balon propaganda kiriman Korea Utara

Diketahui bahwa balon kiriman dari Korea Utara yang mendarat di bandara internasional Korea Selatan ini bukanlah yang pertama kalinya.

Pasalnya, sejak Mei 2024 ada ratusan balon berisi sampah yang diterbangkan dari Korut dan berjatuhan ke tanah area Seoul hingga Gyeonggi, Korea Selatan.

Kiriman balon ini merupakan bentuk pembalasan atas kampanye para pembelot dari Korea Utara.

Selain itu, pengiriman balon isi tinja ini juga sebagai bentuk pembalasan untuk para aktivis Korsel yang sering mengirimkan balon-balon berisi makanan, obat-obatan, uang, dan selebaran berisi kritik untuk pemerintah Korut.

Alhasil bandara internasional Korea Selatan yang berjarak sekitar 40 kilometer dari perbatasan Korea Utara ini sering terkena imbasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter