TANGSELIFE.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) baru saja melakukan pengundian nomor urut terhadap pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Selasa, 14 November 2023, malam.

Hasil pengundian nomor urut yang digelar di Kantor KPU RI, di Jakarta itu ialah, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sebelum mengambil nomor urut, para pasangan calon ini, terlebih dahulu mengambil nomor antrean untuk selanjutnya mengambil nomor urut.

Dari hasil antrean itu, paslon Anies-Muhaimin mendapatkan angka 8, menjadi yang pertama mengambil undian nomor urut di Pilpres 2024.

Lanjut pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan angka 10 dan Prabowo-Gibran angka 14.

Dengan telah keluarnya nomor urut untuk pasangan calon Capres dan Cawapres ini, maka selanjutnya KPU bisa mencetak surat suara Pilpres 2024.

Dalam acara pengundian nomor urut ini, setiap paslon diberi kesempatan untuk mengajak masing-masing 150 orang pendukungnya. Acara pengundian dimulai pada pukul 18.30 WIB.

Usai pengundian nomor urut, seluruh paslon hanya perlu menyerahkan nama-nama anggota timses mereka ke KPU paling lambat tanggal 24 November 2023.

Setelah itu, masa kampanye akan digelar pada 28 November 2023 hingga pertengahan Januari 2024.

Tiga Pasang Yang Mendaftar ke KPU RI

Diketahui, bahwa tiga pasangan bakal calon yang telah mendaftarkan diri ke KPU pada saat tahapan pendaftaran calon.

Tiga calon tersebut ialah, pasangan tersebut yaitu Anies Rasyid Baswedan – Abdul Muhaimin Iskandar diusung oleh partai NasDem, PKS dan PKB yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Lanjut pasangan kedua yaitu Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang diusung dan didukung oleh PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura.

Sementara Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor