TANGSELIFE.COM – Proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) 2024 telah mencapai 97,22 persen.

Diketahui daftar pemilih yang akan di-coklit oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mencapai 1.052.963 pemilih.

Komisioner KPU Tangsel Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Widya Victoria mengatakan, capaian tersebut berhasil dicatat oleh Pantarlih setelah bekerja selama 22 hari sejak dilantik dan mulai bekerja pada 24 Juni 2024 lalu.

“Dari target yang direncanakan selama tiga minggu ini rata-rata wilayah sudah mencapai diatas 90 persen, atau update terbaru progres coklit tepatnya 97,22 persen,” kata Widya di kantor KPU Tangsel, Selasa, 16 Juli 2024.

Widya mengungkapkan, dari total 7 kecamatan yang ada di Kota Tangsel, hanya Kecamatan Ciputat Timur yang sudah mencapai 100 persen.

Sementara Kecamatan Serpong sudah 94,08 persen, Kecamatan Serpong Utara 98,75 persen, Kecamatan Pondok Aren 92,20 persen.

Selain itu Kecamatan Ciputat 99,78 persen, Kecamatan Pamulang 99,57 persen dan Kecamatan Setu 97,14 persen.

“Untuk Kecamatan baru Ciputat Timur yang sudah 100 persen. Untuk Kelurahan dari total 54 Kelurahan 19 diantaranya sudah 100 persen. Harapannya di hari ini atau besok progres coklit sudah mencapai 100 persen,” ungkapnya.

Widya tak menampik bahwa proses coklit yang dilakukan oleh petugas pantarlih sempat mendapatkan kendala.

Terlebih saat melakukan pendataan di wilayah yang didapati banyak perumahan atau cluster elit dengan keamanan yang cukup tinggi.

“Karena memang mereka dengan keamanan dan aturan mereka, petugas pantarlih harus ekstra, namun dengan koordinasi dengan seluruh pihak akhirnya bisa memudahkan,” tuturnya.

Widya menerangkan, pendataan daftar pemilih dari proses coklit nantinya akan menjadi dasar KPU Tangsel menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Dari hasil coklit ini nanti kita akan menyusun DPS yang kemudian di tanggal 18 Agustus sampai dengan 27 Agustus akan dilakukan pengumuman daftar pemilih tetap di tempat-tempat strategis di seluruh wilayah Tangsel,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter