TANGSELIFE.COM- Provinsi Banten sudah memasuki musim kemarau. Itu prediksi dari Badan Meteorologi, Geologi, dan Geofisika (BMKG).

Jadi jangan heran, cuaca saat ini di wilayah Provinsi Banten cukup panas dengan sinar matahari bersinar lebih terik tapi diselingi hujan di daerah tertentu.

Stasiun Geofisika Klas I Tangerang mengatakan Provinsi Banten termasuk wilayah Kota Tangerang memang sudah masuki musim kemarau.

Tahun ini, puncak musim kemarau di Provinsi Banten termasuk Kota Tangerang diprediksi terjadi pada bulan Agustus dan September nanti.

Pejabat Madya Pengamat Meteorologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Klas I Tangerang Maria Evi Trianasari membenarkan saat ini Kota Tangerang sudah musim kemarau.

“Tapi khusus untuk wilayah Kota Tangerang kami prediksi tidak akan mengalami  kemarau ekstrem,” terangnya akhir pekan lalu.

Yakni, musim kemarau tahun ini tidak akan menyebabkan kekeringan ekstrem atau kekurangan air parah di wilayah Kota Tangerang.

Dia mengungkapkan berdasarkan pantauan Stasiun Geofisika Klas I Tangerang, Indian Ocean Dipole (IOD) berada di angka +0,9 dan Sea Surface Temperature (SST) berada di angka +1,3.

Jadi, katanya juga, el-nino di Kota Tangerang yang jadi penyebab musim kemarau ekstrem tahun ini tergolong lemah.

“Jadi bulan Juli ini sudah memasuki kemarau. Lalu kemarau  akan terus bergerak sampai puncaknya pada bulan Agustus dan September nanti,” katanya juga.

Dia juga mengatakan kemarau tahun ini, Kota Tangerang terbilang cukup aman dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

“Karena perhitungan el-nino yang lemah serta masih terdapat potensi curah hujan yang lumayan pada bulan bulan ini,” papar Maria juga.

Meski begitu, dia meminta masyarakat  Kota Tangerang waspada terhadap beberapa hal saat kemarau terjadi tahun ini.

Yakni terkait penggunaan air agar lebih dihemat agar bisa digunakan saat dibutuhkan pada saat kemarau terjadi nanti.

“Jadi memang perlu langkah-langkah antisipatif yang dilakukan untuk mengatasi terjadinya kelangkaan air saat kemarau,” lanjutnya juga.

Selain itu, BMKG mengimbau warga Kota Tangerang untuk lebih aktif mencari informasi yang kredibel mengenai perkembangan perubahan cuaca dan iklim.

Masyarakat Kota Tangerang bisa mengunjungi situs https://stageof.tangerang.bmkg.og.id atau https://www.bmkg.go.id.

Antisipasi Musim Kemarau yang Perlu Dilakukan Warga Kota Tangerang

  1. Menghemat penggunaan air
  2. Maksimalkan cadangan air
  3. Menyiapkan persediaan air
  4. Memfungsikan infrastruktur irigasi
  5. Menyiapkan cadangan pangan
  6. Mengembangkan inovasi untuk mengurangi dampak el-nino